5 Tips Penting Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Berikut ini 5 tips penting menjaga kesehatan kandung kemih

FENOMAGZ – Kandung kemih merupakan organ berongga pada sistem ekskresi manusia. Tugasnya yaitu menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urine. Dengan Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih juga akan berubah, fungsinya semakin menurun.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Seks Dari Sudut Pandang Wanita Yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini 5 tips penting menjaga kesehatan kandung kemih:

Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari. Air putih adalah cairan terbaik untuk kesehatan kandung kemih. Setidaknya setengah dari asupan cairan Anda sehari-hari harus berasal dari air putih.

Namun, syarat ini mungkin berbeda pada beberapa kondisi medis tertentu. Misalnya orang yang mengalami gagal ginjal justru harus membatasi asupan cairannya sehari-hari dengan takaran khusus dari dokter.

Buang air kecil sampai selesai

Salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena infeksi kandung kemih adalah dengan membuang urine yang keluar hingga tuntas. Hal ini dijelaskan oleh dr. Gopal Badlani, seorang dokter ahli kandung kemih dari Wake Forest University Baptist Medical Center di Winston-Salem, Amerika Serikat.

jika Anda mengencangkan otot-otot panggul untuk berhenti buang air kecil terlalu cepat, urine yang masih dalam perjalanan keluar tapi belum sampai ujungnya akan kembali lagi ke kandung kemih Anda. Ini yang dapat membawa bakteri masuk ke dalam sistem kemih manusia.

Berhenti merokok

Setiap tahun, lebih dari 50.000 orang didiagnosis menderita kanker kandung kemih. Salah satu faktor risiko utama dalam kasus kanker ini adalah penggunaan tembakau. Perokok memiliki risiko 2-3 kali lebih tinggi terkena kanker kandung kemih dibandingkan orang yang tidak merokok.

Jika Anda masih merokok atau menggunakan tembakau jenis lainnya, sangat penting untuk berhenti merokok untuk menjaga kesehatan kandung kemih Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Batasi minuman berkafein dan beralkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan juga minuman bersoda dapat meningkatkan aktivitas kandung kemih dan meningkatkan risiko kebocoran. Anda masih boleh, kok, minum minuman berkafein. Namun, jangan sampai minum berlebihan.

Buang air kecil teratur demi kesehatan kandung kemih

Sebaiknya jangan terlalu sering menahan kencing. Cobalah untuk buang air kecil setidaknya setiap 3 sampai 4 jam sekali meskipun sedang tidak ingin buang air kecil. Menahan urine di kandung kemih terlalu lama dapat melemahkan otot kandung kemih dan membuat infeksi kandung kemih lebih rentan terjadi. (fmz/bb)

Comments
Loading...