5 Trik Simpel Menenangkan Diri Buat Kamu yang Gampang Gelisah

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu praktikkan jika rasa gelisah mulai datang

FENOMAGZ – Sering merasa gelisah tanpa alasan? Atau jangan-jangan kamu malah termasuk orang yang mudah terserang kepanikan? Perasaan seperti ini memang tidak menyenangkan. Tetapi sebenarnya kamu bisa belajar untuk mengontrolnya.

Baca juga: 5 Hal Yang Dianggap Remeh Ini Bisa Membuat Orang Masuk Rumah Sakit!

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu praktikkan jika rasa gelisah mulai datang:

Mendengarkan musik yang menenangkan

Musik dengan irama yang lambat cukup efektif untuk menenangkan pikiran. Contohnya adalah musik-musik klasik. Hal ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Bahkan bisa mengurangi kecenderungan untuk bersikap agresif jika diperdengarkan secara rutin. Selain musik yang menenangkan, kamu juga bisa mencoba mengatasi rasa gelisah dengan mendengarkan lantunan ayat kitab suci.

Menghirup wangi aromaterapi

Mencium aroma minyak esensial juga bisa mempengaruhi saraf agar tersugesti untuk menenangkan diri. Coba aroma-aroma yang efektif untuk stres dan kecemasan, misalnya chamomile, patchouli, geranium, jeruk, lavender, vetiver, grapefruit, dan melati. Kamu juga bisa menggunakan salah satu aroma di atas sebagai parfum agar aromanya bisa bertahan sepanjang hari.

Tarik napas dalam-dalam

Teknik pernapasan merupakan bagian penting dari yoga dan bentuk meditasi lainnya. Pasalnya menarik napas dengan irama yang tepat juga bisa membantu melepaskan energi negatif dari dalam tubuh sekaligus menenangkan pikiran. Saat rasa gelisah mulai muncul, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Lakukan selama beberapa menit atau hingga pikiran terasa lebih ringan.

Alihkan pikiran dengan mengobrol

Agar terdistraksi dari kecemasan, cobalah untuk mengobrol dengan pasangan, sahabat, atau keluarga. Pokoknya jangan sampai kamu diam saja dan larut dalam kegelisahan. Ini justru membuat intensitas emosi semakin kuat.

Belajar lebih percaya diri

Seringnya anxiety disorder dan panic attack berkaitan erat dengan rasa percaya diri yang rendah. Dengan belajar meningkatkan rasa percaya diri, sedikit demi sedikit gangguan ini bisa diatasi tanpa bantuan medis. Itulah yang dilakukan aktris Emma Stone. Dia juga memiliki gangguan kecemasan parah saat kecil. Namun disorder ini semakin mudah diatasi sejak dia mulai tampil di panggung. (fmz/bb)

Comments
Loading...