Fenomagz
Unleash the Wild Side

Bahayanya Minum Kopi di Malam Hari

0

Kegiatan ini biasa dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi stres dan mengurangi rasa jenuh setelah beraktifitas seharian

 

FENOMAGZ – Bincang-bincang santai pada malam hari bareng teman di kedai sehabis ngantor pasti sangat seru, apalagi ditemani dengan secangkir kopi. Kegiatan ini biasa dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi stres dan mengurangi rasa jenuh setelah beraktifitas seharian. Namun, jika terlalu sering minum kopi pada malam hari ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi kafein pada malam hari dapat menyebabkan sakit perut.

Pernyataan tersebut memang benar adanya, seperti dilansir dari laman kesehatan Health & Care sekurang-kurangnya ada empat bahaya minum kopi bagi kesehatan yang mungkin menimpa Anda akibat terlalu sering minum kopi pada malam hari, berikut ini ulasannya.

1. Dehidrasi
Kopi pastinya lebih nikmat jika di seduh dengan air hangat, itu berarti ibarat meminum air mineral. Karena itu salah satu bahaya minum kopi adalah menyebabkan dehidrasi, karena terlalu banyak minum kopi berisiko menurunkan keinginan untuk minum air mineral. Tak hanya itu, selain dehidrasi kebiasaan minum kopi pada malam hari juga bisa memicu sakit kepala dan masalah pencernaan.

2. Sakit Perut
Seperti pada poin pertama, secangkir kopi yang Anda minum malam hari bisa menyebabkan sakit perut. Penyebab sakit perut tersebut dikarenakan sistem metabolisme atau pencernaan Anda dipaksa untuk mengolah kafein lebih keras, dan efeknya itu tadi. Sebenarnya, saat malam hari sistem pencernaan harus diistirahatkan karena seharian penuh bekerja untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi pada pagi, siang, dan sore hari menjadi sumber energi bagi Anda.

Baca juga:   Makanan Sehat Yang Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

3. Kesulitan tidur
Walau banyak yang menyangkal bahwa minum kopi pada malam hari berpotensi untuk mengalami susah tidur tetap saja ada beberapa orang yang tidak bisa tidur setelah sebelumnya minum kopi. Jika di analisis secara medis, penyebab seseorang menjadi susah tidur setelah minum kopi adalah karena jantung akan terus terpicu dan berdetak lebih cepat, dimana pada akhirnya dapat meningkatkan konsentrasi Anda dan tubuh menjadi lebih segar. Efek yang Anda rasakan karena sulit tidur pasti terasa di pagi harinya, terkadang tubuh menjadi lelah karena kualitas tidur yang kurang baik. (FMZ/PZ)

Comments
Loading...