advertisement

Cara Mengatasi Masalah Seksual yang Ditimbulkan Akibat Penggunaan Obat Antidepresan

berikut ini cara mengatasi masalah seksual akibat penggunaan obat antidepresan

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Jika Anda atau pasangan Anda mengalami masalah seksual setelah mengonsumsi obat depresi, maka jangan menunda waktu untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Tanyakan pada dokter apakah hilangnya hasrat seksual Anda pada pasangan ada hubungannya dengan obat yang sedang Anda konsumsi. Jika iya, maka mintalah saran dan alternatif obat apa yang bisa mengatasi depresi Anda tanpa menghancurkan kehidupan seks Anda dan pasangan.

Baca juga: 4 Tanda Masalah Kelamin Pada Perempuan Yang Harus Dibawa Ke Dokter Jika Terjadi

Jika hal ini terjadi dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa hal berikut:

  • Tunggu dulu selama beberapa waktu. Waktu ini Anda gunakan untuk melihat apakah efek samping seksual yang dihasilkan akan membaik seiring berjalannya waktu. Biasanya dibutuhkan waktu hingga hitungan minggu dan bulan untuk melihat perubahannya.
  • Sesuaikan dosis obat depresi Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko efek samping seksual karena risiko akan meningkat seiring dengan penambahan dosis. Pengurangan dosis atas saran dokter mungkin bisa menjadi alternatif solusi.
  • Memberikan alternatif antidepresan lain. Memberikan obat lain yang efek sampingnya lebih rendah bisa menjadi solusi lainnya yang ditawarkan oleh dokter.
  • Menambahkan antidepresan kedua. Hal ini dimaksudkan untuk melawan efek samping seksual yang dihasilkan obat pertama. Misalnya dengan menambahkan Wellbutrin. Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa dosis kecil Wellbutrin (75 sampai 150 mg) yang dikombinasikan dengan antidepresan lain dapat membantu mengurangi efek samping seksual dari antidepresan tersebut.
  • Memberikan obat tambahan untuk memperbaiki fungsi seksual. Jika antidepresan Anda menekan hasrat seksual, maka dokter kemungkinan akan meresepkan obat peningkat gairah seperti sildenafil (Viagra), tadalafil (Cialis) atau vardenafil (Levitra, Staxyn).
  • Menyesuaikan waktu seks. Jika Anda merasa obat depresi ini menurunkan libido, maka ada baiknya untuk mengonsumsinya setelah seks berlangsung untuk mengurangi efek sampingnya. (fmz/bb)
Comments
Loading...