advertisement

Cara Tepat Memulai Pendidikan Seks Dirumah!

berikut ini cara cepat memulai pendidikan seks dirumah

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Saat membicarakan tentang seks dengan anak, pastikan bahwa diskusi tersebut sesuai dengan umur mereka. Jelaskan topik dengan bahasa yang sederhana agar anak Anda dapat memahami, dan jangan pula langsung memberikan “kuliah umum” dengan berbagai topik dalam satu waktu sekaligus. Anak-anak cenderung menunjukkan rasa penasaran mereka terhadap kehamilan dan bagaimana bayi dibuat, dibanding dengan mekanisme seks itu sendiri.

Baca juga: 3 Manfaat Memalsukan Orgasme Untuk Hubungan Asmara Anda

Sejak kecil, anak sudah harus bisa mengetahui dan membedakan bagian tubuh, termasuk genitalia. Hindari penamaan ambigu seperti “anu” atau “susu” untuk membantu anak belajar memahami tubuhnya sendiri, dan agar mereka bisa mengidentifikasi masalah dengan tepat saat Anda mencurigai adanya kekerasan seksual yang terjadi pada anak Anda. Jadi, gunakan istilah yang benar sejak awal: payudara, dada, puting, penis, vulva, vagina, testis.

Jika anak balita Anda bertanya darimana bayi berasal, Anda bisa memancingnya dengan bertanya balik, “Menurut kamu gimana?” untuk mengetahui seberapa baik pemahamannya. Anda bisa menjelaskan dengan bahasa sederhana, seperti, “Bayi hidup di rahim mama. Saat bayi sudah besar, ia keluar dari jalur lahir, namanya vagina.”

Tentu Anda bisa memodifikasi penjelasan Anda mengenai seks dan kehamilan sesuai dengan umur anak Anda. Di usia 6-10 tahun, Anda sudah bisa mulai menjelaskan apa itu seks (“seks adalah saat penis dari seorang laki-laki masuk ke dalam vagina perempuan”) dengan penjelasan yang baik dan bahasa yang nyaman bagi Anda dan anak.

Hal penting lainnya adalah pubertas. Mengenalkan pada anak seputar konsep pubertas dan bagaimana fisik tubuh berubah akibat pubertas adalah ide yang baik untuk dilakukan sejak dini, bahkan sebelum anak mencapai masa pubertas. Misalnya, “Dek, coba liat si kakak deh. Sekarang dia jenggotan (atau memiliki payudara) dan suaranya besar, kan? Semua orang seperti itu. Nanti kamu kalau sudah besar juga akan seperti itu. Rambut juga akan tumbuh di penis/vagina kamu, dan di ketiak kamu.” (fmz/bb)

Comments
Loading...