Fenomagz
Unleash the Wild Side

Benar atau Tidak Ya? Cuaca Buruk Bikin Radang Sendi Semakin Para

Anggapan ini memang sudah menjadi kontrovensi selama bertahun-tahun. Tapi, menurut ilmuan anggapan ini hanyalah mitos belakang

0

 

FENOMAGZ – Orang-orang yang memiliki penyakit arthritis atau radang sendi biasanya mengeluh cuaca buruk memperparah keadaan mereka. Anggapan ini memang sudah menjadi kontrovensi selama bertahun-tahun. Tapi, menurut ilmuan anggapan ini hanyalah mitos belakang. Malah, nyeri pada pinggul dan lutut lebih mungkin terjadi pada cuaca yang cerah.

Para imuan berpendapat bahwa cuaca buruk membuat orang-orang malas untuk melakukan aktivitas sehingga persendian terasa kaku. Penderita radang sendi juga cenderung memiliki suasana hati yang lebih buruk saat cuaca buruk sehingga lebih memperhatikan rasa sakit. Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan.

Dari hasil yang ditemukan data pencarian untuk nyeri lutut dan pinggul lebih banyak terjadi saatt musim panas. Hasil ini didapatkan dari data 45 kota selama lima tahun. Ilmuan orang-orang cenderung mencari bantuan untuk nyeri sendi saat musim panas karena lebih aktivitas bergerak sehingga memberi tekanan ekstrs pada tubuh.

Sebenarnya cuaca lembap dan dingin bisa membantu menurunkan timbulnya nyeri karena orang cenderung tidak akan keluar rumah untuk beraktivitas. Tidak ada bukti yang konkret mengenai korelasi antara cuaca dengan radang sendi. Orang-orang yang memiliki nyeri pada musim tertentu hanya berbicara berdasarkan asosiasi samar.

Alasa para ilmuan menggunakan penelusuran di internet sebab hal itulah yang pertama kali dipilih oleh masyarakat yang mereka alami. Dari hasil penelitaian pula ditemukan pencarian untuk nyeri dan radang sendi meningkat saat suhu semakin tinggi.

Baca juga:   Lakukanlah Kebiasaan Ini Jika Kamu Ingin Berhenti Merokok

Suhu rendah juga dapat meningkatkan kekuatan cairan sinovial yang melumasi persendian, sehingga sendi menjadi lebih kaku dan sensitif terhadap rasa sakit. Cuaca juga diyakini memengaruhi suasana hati dan mengubah persepsi seseorang tentang rasa sakit. (fmz/pz)

 

 

Comments
Loading...