Bahayanya DuduK Terlalu lama Bisa Menyebabkan Kematian

Duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko kematian hampir empat persen ( sekitar 433.000 per tahun) kematian di dunia ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan orang-orang

 

FENOMAGZ – Apakah anda sering beraktivitas di depan computer seharian, atau asyik menonton televise dengan rentang waktu duduk yang berjam-jam jika iya, mulai sekarang anda harus mengubah kebiasaan duduk berlama-lama jika tidak ingin terjangkit penyakit berbahaya apa saja dampak buruk jika anda duduk terlalu lama?

Duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko kematian hampir empat persen ( sekitar 433.000 per tahun) kematian di dunia ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan orang-orang yang menghabiskan waktunya lebih dari tiga jam untuk duduk tanpa berpindah-pindah.

Berbagai penelitian dalam sepuluh tahun terakhir juga menjelaskan bagaimana efek dari duduk terlalu lama bagi kesehatan baik dengan atau tanpa berolahraga.

Mengapa duduk terlalu lama merugikan kesehatan?

  • Terlalu banyak duduk dapat membuat tulang belakang stress sebanyak 30 persen beban tambahan akan dirasakan tulang punggung saat duduk ketimbang anda berdiri. Duduk di kursi adalah bentuk kurang natural ketika seseorang ingin beristirahat. Pada dasarnya tubuh manusia tidak didesain untuk duduk di kursi, tapi didesain untuk jongkok.
  • Pembentukan pembuluh vena dalam (DVT) Hal yang paling diwaspadai dari dampak gaya hidup sedentary atau kurang aktif ini adalah meningkatnya kemungkinan mengalami resiko pembekuan pembuluh vena dalam (DVT) hingga dua kali lipat..

Kasus DVT biasanya sering terjadi pada orang dalam penerbangan jarak jauh yang memerlukan waktu berjam-jam dan mengharuskan duduk terlalu lama. Pembekuan darah terjjadi di pembuluh vena dan biasanya pada bagian betis. Jika pembekuan ini tidak dicairkan dengan obat pengencer darah, biasanya akan pecah dan terbawa ke paru-paru dan berujung pada emboli paru yang mematikan. (fmz/pz)

Comments
Loading...