Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Tanda Hormon Pria Berkurang

0

Anda tidak bisa fokus di tempat kerja atau merasa lelah sepanjang waktu

 

FENOMAGZ – Jika Anda merasakan gairah seks tak lagi sekuat dulu, Anda tidak bisa fokus di tempat kerja atau merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi hormon testosteron atau yang dikenal dengan “hormon pria” sudah mengurang. Menurut data Yayasan Peduli Urologi, 4 dari 10 pria di atas usia 45 memiliki kadar testosteron rendah.

1. Libido rendahMeskipun beberapa orang melihat libido mereka menurun ketika usia mereka bertambah, tanda yang paling signifikan dan jelas dari testosteron rendah adalah penurunan mendadak dorongan seksual, kata Dr Joseph Alukal, asisten profesor di Departemen Urologi dan Kebidanan dan Ginekologi juga Direktur Kesehatan Reproduksi Pria Langone Medical Center di New York City.

2. Berat Badan Naik“Naiknya berat badan dapat mempengaruhi testosteron karena sel-sel lemak mengkonversi testosteron ke estrogen, sehingga menurunkan jumlah testosteron,” kata Dr Philip Werthman, Urolog dan Direktur Pusat Pengobatan Reproduksi Pria dan Pembalikan Vasektomi di Los Angeles

Meskipun pria yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat memiliki testosteron rendah, itu tidak menjelaskan apakah mereka mendapatkan berat badan karena testosteron rendah, atau testosteron rendah karena kelebihan berat badan. Makan sehat, berolahraga dan menurunkan berat badan seringkali cukup bagi mereka agar merasa lebih baik.

3. Disfungsi ereksiSebanyak 30 juta pria mengalami disfungsi ereksi yang disebabkan oleh rendahnya jumlah testosteron. Demi mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang kuat, para pria menjaga diri agar aliran darah memadai, sirkulasinya baik, fungsi katup serta sensasi normal dan dorongan seksnya juga tetap ada. Testosteron bertanggungjawab terhadap semua fungsi ini.

Baca juga:   Cara Mudah untuk Mengatasi Rasa Ngantuk Dikantor

4. KelelahanTestosteron rendah memberi kejutan listrik pada energi. Bila Anda sering merasa lelah setelah bekerja, ini bisa diartikan jumlah hormon ini sedang turun.

5. Masalah tidurPria dengan testosteron rendah dapat mengalami insomnia, tetapi itu juga terkait dengan Obstructive sleep apnea (OSA), gangguan tidur yang mempengaruhi lebih dari 18 juta orang Amerika dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan masalah dengan suasana hati dan memori. OSA membuat penderitanya sering terbangun karena saluran napasnya sering tertutup.

Meskipun testosteron rendah tidak menyebabkan OSA, banyak pria menderita OSA juga mengalami kelebihan berat badan, yang dapat menyebabkan testosteron rendah, kata Werthman.

6. Kurangnya konsentrasiTestosteron bertanggung jawab menjaga Anda fokus. Jika hormon ini rendah, Anda dapat mengalami kabut otak, sulit berkonsentrasi dan bahkan memiliki masalah memori.

“Pria yang sangat kaku dan spesifik tentang kepada siapa mereka jatuh cinta dan ingin berhubungan seks, ” kata J. Michael Bailey, peneliti dari Northwestern University. Sedangkan, wanita lebih terbuka dan tidak spesifik dalam menentukan kepada siapa mereka ingin berhubungan.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...