Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini yang Harus Diperhatikan saat Jam Makan siang

0

supaya tetap produktif sepanjang hari, ada 6 hal yang harus Anda perhatikan nih saat jam makan siang

FENOMAGZ – Selain jam pulang, jam makan siang menjadi salah satu waktu favorit bagi para karyawan. Pasalnya, setelah sekitar bangun pagi dan bekerja 3-4 jam, sebagian karyawan membutuhkan waktu untuk beristirahat sejenak dan juga kembali mengisi amunisi setelah santapan sarapan sudah habis terkuras menjadi tenaga. Nah, supaya tetap produktif sepanjang hari, ada 6 hal yang harus Anda perhatikan nih saat jam makan siang.

1. Bersosiallah
Berada 9 jam di kantor bukan berarti anda sudah membangun hubungan yang baik dengan rekan kantor. Dengan pekerjaan yang menumpuk, anda justru malah menghabiskan lebih banyak waktu di kantor berhadapan dengan layar komputer. Nggak jarang, anda melewatkan makan siang untuk melanjutkan pekerjaan yang masih belum selesai. Jika Anda mengikuti cara seperti itu, cobalah untuk menggunakan jam makan siang dengan seharusnya, lakukanlah jam tersebut untuk mengenal teman kantor anda. Bersosialisasi dengan baik dengan rekan kerja akan membuat anda semakin nyaman berada di kantor dan membuat Anda semakin rileks.

2. Perhatikan pola makan
Pukul 12 siang memang waktunya lapar berat. Tapi ingat, Anda masih punya 4-5 jam lagi kewajiban untuk berada dan menyelesaikan tugas kantor. Oleh karena itu, perhatikan pola makan, jangan sampai Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda kekenyangan dan menimbulkan kantuk. Usahakan untuk makan secukupnya agar anda tetap dapat bekerja dengan maksimal selanjutnya. Bawalah buah-buahan seperti apel atau pir untuk mengemil setelah makan siang dan membuat Anda segar kembali.

3. Jam makan siang itu waktunya istirahat, jadi benar-benar beristirahatlah
Di tengah-tengah makan siang dan obrolan rekan kerja, hindari membicarakan masalah tugas kantor. Gunakan waktu istirahat tersebut dengan baik untuk benar-benar santai agar tenaga Anda bisa terisi kembali untuk melanjutkan pekerjaan. Hindari menyantap makan siang di meja anda agar tidak menimbulkan tenakan untuk segera menyelesaikan makan dan bisa melanjutkan pekerjaan. Gunakanlah waktu tersebut untuk rileks.

4. Bukan hanya pikiran yang rileks, badan juga!
Setelah menyantap menu makan siang, gunakanlah waktu yang tersisa untuk mengobrol dengan rekan kerja sambil merenggangkan tubuh Anda, terutama untuk yang seharian duduk berada di depan komputer. Lakukanlah peregangan otot-otot anda agar tidak tegang dan lebih cepat lelah.

5. Ikutilah waktu yang ditentukan
Bersosialisasi saat makan siang memang dianjurkan, namun pastikan juga Anda tidak terlalu keasyikan dan malah kembali bekerja lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan. Jika jam makan siang berdurasi satu jam, manfaatkanlah satu jam tersebut dengan sebaik-baiknya. Usahakan untuk langsung kembali ke kantor tepat pada waktunya agar tugas Anda setelahnya tidak terganggu dan dapat selesai tepat waktu.

6. Di akhir waktu, rencanakan hal selanjutnya
Di akhir jam makan siang, setelah makanan Anda tersantap habis, gunakanlah waktu tersebut untuk membuat perencanaan selanjutnya. Misalnya untuk rencana kerja sisa hari ini atau bahkan untuk keesokan hari. Biasanya, setelah makan siang justru Anda mendapatkan inspirasi dan juga semangat karena tenaga Anda telah terisi kembali.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...