Jangan Sampai Olahragamu Sia-Sia Karena Hal Ini

Biasanya, sehabis berolahraga seseroang akan merasa lapar dan hal itu wajar terjadi

Jangan Sampai Olahragamu Sia-Sia Karena Hal Ini

FENOMAGZ – Fenomen gemar berolahraga? Biasanya, sehabis berolahraga seseroang akan merasa lapar. Hal ini wajar terjadi karena kalori Anda telah habis terbakar selama berolahraga. Namun ingat, makan setelah berolahraga pun tak bisa sembarangan lho.

Jika hanya melakukan olahraga ringan, Anda tidak perlu makan sesudahnya. Sebaliknya, Anda harus makan jika habis berolahraga di pagi hari, apalagi jika Anda memang tidak sarapan pagi sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda sudah makan 4-6 jam sebelum berolahraga, rasanya Anda tidak perlu makan lagi setelah melakukan aktivitas ini. Ada baiknya Anda tidak mengonsumsi makanan yang sarat kalori seperti minuman berenergi, karena sama saja Anda menumpuk kalori setelah dibakar.

Lalu kesalahan apa saja yang bisa dilakukan orang setelah berolahraga? Berikut paparannya.

  1. Kebanyakan protein

Ada mitos yang mengatakan bahwa seseorang harus banyak mengonsumsi protein selepas olahraga untuk memaksimalkan manfaatnya. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa sebenarnya hal tersebut tidak diperlukan selama asupan protein harian Anda sudah mencukupi, yaitu sekitar 30 gram per porsi makanan.

  1. Makan berlebihan

Banyak orang berpikir bahwa wajar jika kita kalap makan setelah berolahraga. Padahal banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa apa yang Anda makan setelah berolahraga lebih berpengaruh pada lingkar pinggang, tak peduli seberapa lama dan seberapa rutin Anda berolahraga. Apalagi jika yang Anda makan tidak menyehatkan.

  1. Menghindari karbohidrat

Seorang ahli nutrisi dari University of Massachusetts mengatakan bahwa otot manusia membutuhkan banyak glikogen agar bisa pulih dan juga menguat, minimal satu jam selepas olahraga intens seperti lari atau renang.

Glikogen sendiri bisa diperoleh dari karbohidrat sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum utuh. Ada baiknya, konsumsilah 1 gram karbo sehat per kilogram tubuh setidaknya satu jam setelah olahraga. Atau bisa juga dengan smoothie yang kaya buah.

  1. Kurang minum

Pelari biasanya kehilangan cairan tubuh di saat berkeringat hingga 50 persen. Namun banyak dari mereka yang menyepelekan hal ini, padahal olahraga ringan saja bisa mengakibatkan dehidrasi ringan.

Ada baiknya Anda menimbang bobot Anda sebelum dan sesudah olahraga untuk tahu pengurangannya. Dan untuk setiap kilogram bobot yang hilang, pastikan Anda minum air dengan jumlah yang setara (1 kg setara dengan 32 ons air).

  1. Asal makan

Olahraga memang bisa memicu rasa lapar yang luar biasa. Apalagi otak cenderung terdorong untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori ketika rasa lapar menyerang. Hal inilah yang kemudian memicu agar seseorang memilih makanan tak sehat.

Untuk itu, ada baiknya Anda merencanakan dulu akan makan atau ngemil apa setelah berolahraga sebelum melakukannya. (fmz/pm)

Comments
Loading...