Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Fenomen Gagal Fokus Loh

0

Ngantuk Akibat kurang Tidur Bisa Buat Kamu Mudah Lupa dan Gagal Fokus, Jika Hal ini Berlangsung Lama Maka Ingatan Kamu Akan Makin Lemah

 

FENOMAGZ – Tidur memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh karena melalui tidur tubuh akan merawat mental dan fisik kamu.

Kebutuhan akan tidur setiap orang tidak sama, namun kebanyakan orang memerlukan waktu sekitar 8 jam agar fungsi penting dalam tubuh bisa bekerja secara maksimal. Sebaiknya kamu tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk tubuhmu sendiri dan usahan untuk memenuhinya setiap hari.

Berikut ini ada beberapa penyebab jika kamu kurang tidur, yuk simak ulasannya fenomen!

Kurang tidur bisa turunkan daya ingat
Mengantuk akibat kurang tidur juga bisa membuat kamu lebih mudah lupa, hilang konsentrasi, dan kemampuan untuk fokus. Jika hal ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka ingatan kamu akan semakin melemah.

Kurang tidur bisa turunkan sistem kekebalan tubuh
Kekurangan tidur bisa menurunkan kemampuan  sistem kekebalan tubuh kamu dan terganggunya kinerja sel dalam memerangi infeksi. Hal ini tentu tidak baik untuk ketangguhan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sumber-sumber penyakit dan juga menghambat proses percepatan kesembuhan secara alami. Saat sakit tentu kamu akan sulit untuk berkonsentrasi.

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan serius pada jantung
Penyakit gagal jantung dan serangan jantung selalu mengintai para penderita insomnia. Tidur sangat penting untuk meningkatkan kesembuhan dan dan memperbaiki pembuluh darah ke jantung. Itulah mengapa orang yang kurang tidur kebanyakan mengalami gangguan pada kardiovaskular.

Baca juga:   Kesalahan saat Mandi Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Kurang tidur bisa mempercepat penuaan akibat hormon kortisol yang meningkat
Hal ini terjadi akibat produksi hormon kortisol yang meningkat pada seseorang yang kurang tidur. Hormon kortisol yang diproduksi secara berlebihan ternyata bisa merusak protein yang seharusnya bertugas untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit elastis. Protein ini sering disebut dengan kolagen kulit. Kurang tidur juga bisa menghambat produksi hormon pertumbuhan yang sangat berguna untuk menebalkan kulit, meningkatkan masa otot, dan memperkuat tulang.

Kurang tidur bisa menyebabkan depresi
Mereka yang kurang tidur lebih rentan terkena depresi. Mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari lebih beresiko terkena gejala depresi. Dan hal yang lebih buruk lagi ternyata depresi bisa membuat kamu semakin sulit untuk tidur dengan nyenyak. (fmz/pz)

Comments
Loading...