Fenomagz
Unleash the Wild Side

Manfaat Mandi Sambil Bernyanyi untuk Kesehatan Mental

0

Mulai Dari Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Membuat Pikiran Lebih Tenang Hingga Mengurangi Kecemasan

 

Fenomen, Coba Lakukan Mandi Sambil Bernyanyi ini Agar Kamu Dapat Manfaatnya!!

FENOMAGZ – Suka nyanyi di kamar mandi? Jangan anggap remeh kebiasaan ini. Tidak banyak orang tahu bahwa hobi bernyanyi di kamar mandi punya banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Mulai dari meningkatkan rasa percaya diri, membuat pikiran lebih tenang hingga mengurangi kecemasan:

Meningkatkan percaya diri
Tidak seperti karaoke di rumah bernyanyi yang mengharuskan kamu tampil di depan teman-teman dan terkadang merasa grogi serta tidak PD. Bernyanyi di kamar mandi membuat kamu melatih percaya diri, karena ubin keramik akan memantulkan suara kamu sehingga nyanyian lebih menggema dan terdengar menarik.

Membuat pikiran lebih tenang
Ketahuilah bahwa manfaat bernyanyi di kamar mandi hampir sama dengan yoga, yakni membuat pikiran lebih tenang. Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan pada 2013, para ilmuwan menemukan fakta ketika melupakan emosi dengan bernyanyi di kamar mandi dapat melepas beban pikiran dan membuat pikiran lebih tenang sesudahnya.

Mengurangi sakit
Bernyanyi di kamar mandi ada kaitannya dengan memberi perasaan senang dan membuat mood lebih baik. Sebuah jurnal yang dilakukan Journal of Music Therapy pada 2004 menunjukkan bahwa mereka yang menderita sakit kronis dapat meringankan beban sakitnya karena zat kimia yang diproduksi otak saat bernyanyi di kamar mandi dapat mengalihkan sakit yang dirasa ke perasaan senang.

Baca juga:   Kegiatan yang Baik Anda Lakukan Dipagi Hari

Mengurangi kecemasan
Bernyanyi baik untuk kesehatan jiwa. Peneliti pun membuktikan hal itu karena dengan bernyanyi dapat melepas beban pikiran.

Terlebih saat di kamar mandi yang mana kamu dalam kondisi telanjang, tanpa perasaan malu dan kamu bebas meluapkan apa saja lewat nyanyian. Salah satu dampak positif yang dapat dirasa adalah mengurangi kecemasan yang selama ini terpendam.(fmz/pz)

Comments
Loading...