Fenomagz
Unleash the Wild Side

Kebiasaan ini yang Membuat Pria Mandul

0

Pada dasarnya, banyak sekali faktor yang dapat menjadi penyebab terganggunya proses pembentukan sperma

membuat pria mandul

FENOMAGZ – Bagi pria ada dua masalah kesehatan klasik yang menjadi momok nan menakutkan, yakni impotensi dan pria mandul. Kemandulan pria atau infertilitas berarti ketidakmampuan sperma membuahi sel telur. Pada dasarnya, banyak sekali faktor yang dapat menjadi penyebab terganggunya proses pembentukan sperma, hingga menyebabkan kekurangsuburan pada pria. Beberapa kebiasaan ini ternyata sering dilakukan atau bahkan menjadi aktivitas rutin buat sebagian pria, disadari maupun tanpa disadari.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut, yuk Fenomen kita simak berikut ini!

Merokok.
Merokok memang sudah diketahui dapat menyebabkan kemandulan. Hal ini dikarenakan oleh tingginya kadar nikotin dalam tubuh yang berdasarkan sejumlah hasil penelitian bisa merusak kualitas atau mengurangi jumlah sperma.

Stres.
Dalam kondisi stres, secara otomatis tubuh tidak akan memproduksi sperma dengan kualitas terbaik, sehingga hal ini akan memicu ketidaksuburan.

Laptop.
Ketika Anda sedang menggunakan laptop dan menaruhnya di atas pangkuan Anda, maka suhu tinggi pada laptop dapat menyebabkan testis Anda menjadi panas. Hal ini akan berdampak buruk pada sperma.

Penggunaan steroid.
Jika Anda gemar menggunakan steroid, maka berhati-hatilah. Steroid merupakan hormon sintetis yang digunakan untuk meningkatkan massa otot secara instan. Ternyata penggunaan steroid selain dapat meningkatkan risiko terbentuknya tumor juga dapat mengakibatkan kemandulan.

Berendam di air panas.
Jika Anda memiliki kebiasaan berendam di air panas ketika hendak mandi, ingatlah bahwa berendam di air panas dapat meningkatkan suhu testis yang pada akhirnya dapat merusak sperma dan memicu kemandulan.

Baca juga:   Hadiah yang Cocok untuk Pasanganmu di Hari Valentine

Radiasi Ponsel.
Kebiasaan pria yang suka menyelipkan ponsel di saku celana ternyata bisa membawa pengaruh buruk. Dengan menaruh ponsel di saku celana secara terus-menerus, radiasi ponsel dapat memicu disfungsi ereksi dan ketidaksuburan.

Celana ketat.
Celana yang terlalu ketat juga akan membuat suhu di testis meningkat dan mengakibatkan jumlah produksi sperma menurun.

Minuman beralkohol.
Minuman beralkohol secara tidak langsung dapat mengurangi produksi testosteron. Dengan berkurangnya testosteron, akhirnya dapat mengurangi jumlah sperma dan memicu kemandulan.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...