Tips Mencegah Kulit yang Mengalami Iritasi Akibat Mencukur

Judi

judi

Banyak pria yang melakukan kegiatan mencukur kumis atau jenggot adalah wajib hukumnya

 

FENOMAGZ – Tumbuhnya bulu di sejumlah tempat di bagian tubuh seringkali bisa merusak penampilan. Terutama untuk pria, sebagian besar pria ini bahkan sering merasa tidak percaya diri jika tampilan dengan kumis. Banyak pria yang melakukan kegiatan mencukur kumis atau jenggot adalah wajib hukumnya. Apalagi, untuk mereka yang ingin tampil rapi dan bersih setiap kesempatan.

Namun sangat jarang yang tahu bahwa mencukur tidak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Salah-salah setelah bercukur anda akan mendapatkan kulit yang sehat, sehingga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, bahkan infeksi di wajah.

Berikut beberapa langkah-langkah mencukur yang baik agar fenomen terlihat lebih rapi dan bersih, yuk mari kita simak bersama :

Lakukan pagi hari

Sebagian pria memiliki kecenderungan melakukan kegiatan bercukur di malam hari agar mereka tiidak perlu terburu-buru saat pergi ke tempat kerja. Tapi saat di pagi hari, nyatanya akan menjadi waktu paling tepat untuk bercukur. Ini karena anda akan lebih mudah mendapatkan hasil yang lebih halus. Setelah bangunn tidur, kulit bebas dari semua stres. Jika anda mencukur jenggot dan kumis di pagi hari maka akan lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit anda juga.

Cuci muka

Ini adalah tips dasar untuk mendapatkan hasil cukur yang halus dan besih. Pria harus mencuci muka mereka agar pisau cukur bekerja baik. Begitupun wanita juga harus mencuci kaki mereka secara menyeluruh sebelum mencukur bulu kakinya. Membasuh wajah dan kaki dengan air sebelum bercukur juga bermanfaat untuk mencegah terjadi infeksi apapun.

Pakai krim sesuai jenis kulit

Pilihlah krim cukur sesuai dengan jenis kulit anda. Mencukur dengan gel baik untuk jenis kulit berminyak dan krim berbasis efektif untuk orang-orang yang kulitnya kering.

Gunakan pisau tajam

Jangan gunakan pisau cukur yang tumpul seperti pada pisau yang perlu ditekan dengan keras. Sebab pisau tersebut dapat membuat ruam kulit kemerahan dan luka bakar yang dapat berubah menjadi bintik-bintik.

Gunakan air dingin

Air panas membuat kulit anda kasar dan keras. Bilas wajah atau tubuh anda dengan air dingin sebab air dingin dapat menutupi semua pori-pori anda.

Ketahui arah tumbuh bulu

Biasanya rambut atau bulu tumbuh ke arah yang berbeda. Jadi lebih baik untuk mencukur dengan perlahan kemudian cukur daerah itu lagi untuk menghasilkan cukuran yang bersih.

Sikat cukur

Sangat penting untuk menggunakan sikat cukur yang tepat. Anda bisa mencukur dengan mudah dengan memakai krim dalam gerakan melingkar dengan bantu kuas.

Bilas

Kapanpun anda bercukur bilas wajah atau tubuh anda dengan baik terlebih dahulu sebab setiap gel sabun yang tersisa di kulit dapat menyebabkan efek samping lebih lanjut. Selain itu bersihkan alat cukur anda dengan air yang langsung mengalir.

Pelembab

Menerapkan pelembab setelah bercukur untuk mencegah kekeringan dan pengerasan pada kulit anda, hal ini dapat melengkapi untuk mencukur yang bersih dan rapi. (fmz/pz)

Comments
Loading...