Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Mengatasi Rasa Lemas saat Berpuasa

tubuh tidak mendapat zat gizi selama berjam-jam setelah sahur, padahal, tubuh perlu karbohidrat yang akan diolah jadi gula

0

 

FENOMAGZ – Penting bagi anda untuk menjaga tubuh tetap segar dan bertenaga setiap hari. Memang ketika sudah dijalani, puasa terasa kian mudah dan menyegarkan. Namun di hari-hari pertama puasa, tubuh cenderung lemas dan tidak bertenaga.

Ketika anda menjalankan beribadah puasa, tubuh tidak mendapat zat gizi selama berjam-jam setelah sahur, padahal, tubuh perlu karbohidrat yang akan diolah jadi gula. Kemudian gula akan diproses menjadi bahan bakar atau sumber energi anda sepanjang hari.

Jangan khawatir, tubuh mampu menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan anda saat puasa. Tubuh akan mulai membaca kebiasaan baru anda, yaitu tidak akan mendapat asupan karbohidrat lagi sampai waktunya berbuka puasa. Maka, tubuh akan menyimpan gula dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Jika saat anda tidak puasa, gula dari karbohidrat langsung dibakar dalam waktu beberapa jam saja, waktu puasa gula akan dibakar pelan-pelan, yaitu sampai tiba saatnya berbuka.

Nutrisi penting saat buka dan sahur agar tidak lemas saat puasa untuk mencegah badan lemas saat puasa, terutama di awal berpuasa, pastikan tubuh anda mendapatkan asupan nutrisi-nutrisi penting berikut ini.

Karbohidrat kompleks

Saat sahur perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana lebih banyak mengandung gula sedangkan karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat dan ragi.

Zat seng

Zinc atau dikenal juga dengan istilah zat seng sangat diperlukan guna mengolah karbohidrat dalam tubuh. Kalau anda kekurangan zat seng, karbohidrat yang anda konsumsi saat sahur akan sulit diubah jadi sumber energi. Akibatnya, anda akan merasa lemas saat puasa seharian. (fmz/pz)

Baca juga:   Rahasia Terbaik Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

 

Comments
Loading...