Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Penyebabnya Jadwal Tidur Anda Terganggu

nyatanya memiliki tidur yang berkualitas juga menjadi masalah banyak orang, terlebih bagi mereka yang memiliki tingkat stress tinggi

0

 

FENOMAGZ – tidur berkualitas adalah impian setiap orang. Hanya saja, tidak semua orang bisa tidur nyenyak. Selain bangun pagi , nyatanya memiliki tidur yang berkualitas juga menjadi masalah banyak orang, terlebih bagi mereka yang memiliki tingkat stress tinggi. Selain stress, penyebab tidak bisa tidur nyenyak ternyata beragam.

Tanpa disadari, ada beberapa hal di sekitar anda yang bisa membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak dan menyebabkan jadwal tidur terganggu setiap malam.

Berikut ada beberapa hal yang menyebabkan tidur seseorang terganggu.

Efek cahaya5

Apakah anda salah satu orang yang suka tidur menggunakan lampu? Nah, bisa jadi karena kebiasaan ini jadwal tidur terganggu. Cahaya merupakan salah satu factor eksternal yang paling penting yang dapat mempengaruhi tidur anda.

Hala ini secara langsung menyulitkan anda untuk tertidur sehingga mampu mempengaruhi waktu tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Pasalnya, mata kita bereaksi terhadap cahaya dan gelap, bahkan saat kelopak mata kita tertutup.

Jet lag

Jet lag atau sindrom zona waktu adalah gangguan yang diakibatkan oleh perpindahan antara zona waktu yang terjadi secara cepat. Tubuh manusia diatur oleh suatu yang diatur di otak bagian hipotalamus yang tersinkronisasi dengan siklus gelap-terang, sehingga menjaga kita untuk terbangun di siang hari dan tertidur di malam hari secara alami.

Jet lag ini biasanya terjadi saat seseorang berpergian melintasi zona waktu memiliki perbedaan jam dari daerah asal atau pun jenis pekerjaan yang mengharuskan bekerja pada shift malam yang mana mengharuskan mereka bekerja saat malam hari dan tidur di siang hari.

Baca juga:   Aksi Tangan ini Mantap Untuk Mr. p, Fenomen Wajib Mencobanya

Kondisi medis tertentu

Berbagai kondisi medis tertentu dapat berdampak langsung pada pola tidur anda. Pasalnya setiap kondisi yang membuat anda terjebak rasa sakit atau pun ketidak nyamanan dapat membuat anda tidak bisa tidur nyenyak.

Beberapa kondisi medis akibat seperti arthritis, gangguan asam lambung, sindrom pra mestruasi, fibromyalgia, dan masih banyak lainnya yang menimbulkan nyeri kronis dapat membuat anda terjaga di malam hari.

Kafein dan alcohol

Kafein adalah salah satu stimulasi yang bisa bertahan di system tubuh selama berjam-jam lamanya. Jika anda minum minuman yang mengandung kafein tinggi maka akan menghambat anda untuk bisa tidur nyenyak. Jadi anggapan jika terlalu banyak minum kopi akan membuat susah tidur benar adanya.

Makan makanan berat sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak dekat dengan waktu tidur juga bisa mengganggu tidur. Makanan pedas atau berlemak dapat menyebabkan mulas, yang akan membuat anda sulit tertidur karena merasakan ketidak nyamanan di bagian perut sepanjang malam. (fmz/pz)

Comments
Loading...