Beranda Healthy Ini dia Penyebabnya Lemak Tubuh Anda Berkumpul di Perut

Ini dia Penyebabnya Lemak Tubuh Anda Berkumpul di Perut

lemak pria

Tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk menghilangkan lemak perutnya dan mendapatkan perut yang ramping

 

FENOMAGZ – Memiliki tubuh dengan perut ramping tanpa timbunan lemak adalah harapan setiap orang. Kenyataannya, masih banyak yang memiliki lemak di perutnya. Coba lihat perut anda, apakah ada timbunan lemak di sana? Setiap orang bisa mempunyai lemak perut, tidak terkecuali orang kurus. Tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk menghilangkan lemak perutnya dan mendapatkan perut yang ramping, termasuk orang kurus.

Nah tahukah anda apa yang menyebabkan penimbunan lemak di perut? Yuk mari kita simak bersama berikut ini:

Kenapa lemak perut lebih berbahaya dari lemak lain?

Lemak perut atau juga disebut lemak visceral merupakan lemak yang menumpuk diruang antara organ anda, seperti lambung, hati dan usus. Lemak ini berfungsi untuk melindungi organ-organ penting dalam perut anda. Namun terlalu banyak penumpukan lemak visceral juga tidak baik bagi kesehatan.

Apa yang menyebabkan tubuh menimbun lemak di perut?

Orang gemuk maupun orang kurus dapat mempunyai lemak visceral berlebihan dalam perut mereka. Ini tentu tidak bagi kesehatan. Beberapa hal dapat menjadi alasan mengapa anda mempunyai lemak perut atau visceral yang berlebihan.

  • Berat badan berlebihan

Semakin besar berat badan anda tentu semakin banyak juga peniimbunan lemak di perut anda. Kelebihan berat badan disebabkan oleh kalori yang lebih banyak masuk ke dalam tubuh daripada kalori yang keluar makan terlalu dan aktivitas fisik yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

  • Panuaan

Semakin tua usia anda, maka semakin berkurang massa otot anda dan semakin banyak berkurang membuat tubuh anda lebih sedikit membakar kalori, sehingga lebih sulit untuk anda mempertahankan berat badan normal, ini mengapa biasanya orang yang sudah berumur lebih mudah gemuk.

  • Genetic

Bagaimana cara tubuh menyimpan lemak dapat dipengaruhi oleh genetic. Gen yang mengatur kortisol dan leptin, yang mengatur asupan kalori dan berat badan, dapat bertanggung jawab terhadap penyimpanan lemak dalam tubuh.

  • Kurang gerak

Kalori yang harus sama dengan kalori yang keluar jika ingin mempunyai berat badan normal. Jika kalori yang masuk lebih banyak daripada yang keluar, tentu berat badan anda akan naik. Hal ini dapat terjadi ketika anda kurang aktif bergerak. (fmz/pz)