advertisement

Fenomen Harus Tahu Ternyata Bulu Ketiak Punya Manfaat Lho

judi

Pada dasarnya pertumbuhan bulu di beberapa tempat pada tubuh manusia merupakan sebuah mekanisme yang berperan dalam menjaga kehangatan

 

FENOMAGZ – Bulu ketiak sengkali dianggap mengganggu penampilan terutama bagi wanita. Oleh karena itu, banyak orang mencukur habis bulu ini. Padahal bulu ketiak tumbuh bukan tanpa alasan. Pada dasarnya pertumbuhan bulu di beberapa tempat pada tubuh manusia merupakan sebuah mekanisme yang berperan dalam menjaga kehangatan, penguapan bahkan sebuah mekanisme perlindungan.

Bulu ketiak membentuk persepsi bahwa bulu ketiak memang sudah seharusnya dihilangkan. Padahal menghilangkan bulu ketiak tidak lepas dari risiko kesehatan akibatnya. Menghilangkan bulu ketiak dengan mencukur atau mencabutnya, tanpa disadari membuat ketiak memiliki banyak luka kecil dan pori-pori di area ketiak juga membesar.

Luka kecil akibat menghilangkan bulu ketiak memudahkan datangnya penyakit, mulai dari radang, bengkak, sehingga akhirnya infeksi, semakin lama, kondisi dapat memicu  terjadinya mutasi sel.

Ini karena toksin semakin hari semakin terakumulasi. Selain itu lipatan ketiak memiliki banyak kelenjar getah bening.

Kelenjar ini merupakan kelnjar yang memfasilitasi pengangkutan racun dan zat kimia dalam tubuh terutama payudara. Maka tidak heran bila pencabutan atau pencukuran bulu ketiak dikaitkan dengan penikatkkan risiko kanker payudara.

Bulu ketiak sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti rambut kemaluan yaitu sebagai daya tarik seksual. Ini karena folikel rambut hampir selalu berdekat dengan kelencar yang menghasilkan feromon. Feromon adalah molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik pasangan seks.

Jadi bulu ketiak bukanlah pengganggu penampila, tapi justru menjadi perlindung bagi tubuh dan sebagian daya tarik seksua, asalkan kebersihan area sekitar dijaga denga baik. Seperti kita ketahui, banyaknya bulu di ketiak membuat keringat lebih banyak sehingga ketiak menjadi basah terlebih ketiak terlibat dalam kegiatan aktif.

Jika derah ketiak tidak dijaga dengan baik, adanya bulu ketiak ditambah dengan keringat membuat bakteri semakin berkembang biak sehingga semakin berpotensi meimbulkan bau badan yangkurang menyenangkan. Oleh karenanya, bulu ketiak bisa dirapihkan bukanya dicukur atau dicabut sampai habisa, dan tentu selalu dijaga juga kebersihannya.(fmz/pz)

Comments
Loading...