Beranda Tips & Trik Tips Aman Menggunakan Pelumas Untuk Berhubungan Seks

Tips Aman Menggunakan Pelumas Untuk Berhubungan Seks

pelumas

FENOMAGZ – Dalam kondisi tertentu, pelumas untuk seks memang dibutuhkan. Nah, trik untuk menggunakan pelumas yang paling aman adalah pastikan produk yang Anda pilih sudah terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Jadi, perhatikan apakah ada keterangan dan nomor registrasi BPOM di kemasannya.

Baca juga: Benarkah Tubuh Manusia Dirancang Untuk Menanggapi Sebuah Rangsangan?

Wanita juga tidak boleh mengoleskan pelumas apa pun sampai masuk ke dalam lubang vagina (jalur lahir), hanya boleh di bagian luar, yaitu di bibir vagina.

Jika Anda selalu merasa harus menggunakan pelumas untuk seks, coba bicarakan dulu secara jujur dan terbuka dengan pasangan Anda. Bisa jadi ini karena sebenarnya Anda sendiri belum cukup terangsang untuk melakukan penetrasi (penis masuk ke vagina). Pasalnya, wanita akan memproduksi cairan pelumas alami secara otomatis jika tubuh menerima rangsangan seksual yang cukup.

Kemungkinan lainnya adalah Anda mengalami kondisi vagina kering. Vagina kering bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya perubahan hormon, gejala menopause, dan efek samping pengobatan tertentu. Bila Anda curiga mengalami vagina kering, konsultasikan dengan dokter Anda. (fmz/bb)