Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Menghindari Serangan Flu Saat Cuaca Dingin

0

Gejala pilek ini umumnya dimulai dengan tenggorokan yang sakit atau meradang, yang biasanya menghilang setelah satu atau dua hari

pria demam

FENOMAGZ – Perubahan cuaca yang tidak menentu dan kondisi badan yang tidak stabil atau lemah merupakan faktor utama terserang pilek. Gejala pilek ini umumnya dimulai dengan tenggorokan yang sakit atau meradang, yang biasanya menghilang setelah satu atau dua hari. Hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, juga sangat sering mengikuti pada beberapa hari awal. Lalu disusul dengan batuk pada hari keempat atau kelima.
Ada 6 cara yang bisa dilakukan agar terhindar serangan gejala pilek, yuk mari kita simak bersama :

1. Hangatkan hidung
Salah satu teori yang menyebabkan kita lebih cepat terserang pilek dan flu ketika musim dingin tiba adalah karena hidung kita relatif lebih dingin, yang dapat menurunkan ketahannya terhadap infeksi.
“Untuk itu, tempatkan syal di atas hidup agar tetap hangat,” kata Profesor Ron Eccles dari Common Cold Research Centre di Cardiff University.

2. Hindari jabatan tangan
Penelitian terbaru dari University of Aberystwyth telah menunjukkan bahwa berjabat tangan mampu mentransfer 10 sampai 20 kali lebih banyak bakteri antara individu yang satu dan lainnya.

3. Kurangi konsumsi gula
Dari hasil studi yang dilakukan California Loma Linda University menemukan bahwa responden yang mengonsumsi 100 gram gula pasir, sel-sel kekebalan tubuh yang disebut dengan fagosit dikonsumsi oleh bakteri lebih sedikit dari biasanya.

Baca juga:   Ternyata Matahari di Siang Hari Lebih Sehat Lho Fenomen

4. Tidurlah selama delapan jam
Memiliki waktu tidur di malam hari kurang dari tujuh jam, tiga kali lebih mungkin untuk menderita pilek daripada seseorang yang tidur selama delapan jam.

Kualitas tidur yang buruk di mana pasien merasa terganggu dan sering terbangun di tengah malam, akan mengganggu kerja dari gen kekebalan tubuh yang disebut dengan TLR-9

5. Duduklah jauh dari penderita pilek
Jika melihat ada seseorang yang mengalami batuk-batu tepat di depan Anda, lebih baik Anda segera berpindah posisi atau membuka jendela agar virus keluar dan terbang ke udara. Penelitian menemukan, berada dalam satu mobil selama 90 menit dengan seseorang yang menderita pilek atau flu, kemungkinan untuk tertular akan semakin besar.

6. Cuci tangan dengan sabun
Mencuci tangan menggunakan gel pembersih tangan ketika sedang berada di luar ruangan tidak mampu membunuh virus penyebab pilek dan flu. Maka itu, Ahli Kesehatan Lingkungan dari Hygiene Audit System, Dr. Lisa Ackerley, menyarankan, cucilah tangan dengan sabun dan air ketika berada di luar. (fmz/pz)

Comments
Loading...