Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Jitu Hilangkan Bau Badan Pada Pria

0

Menurut penelitian, bau badan pria memang lebih tajam daripada wanita

 

FENOMAGZ – Fenomen memiliki masalah bau badan? Dan ingnin tahu cara menghilangkan bau badan? Secara ilmiah, tubuh pria dikenal lebih cepat berkeringat dan menjadi bau dibandingkan wanita. Selain itu, bau badan pria memang lebih tajam daripada wanita.

Salah satu alasan yang menyebabkan munculnya bau badan pada pria adalah tingkat hormon testoteron yang tinggi sehingga mempengaruhi produksi kelenjar keringat apokrin. Kelenjar keringat apokrin adalah kelenjar keringat yang biasa ditemukan di daerah tempat tumbuhnya rambut seperti kulit kepala, ketiak, dan selangkangan.

Pada dasarnya, bau badan pada pria juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebersihan tubuh. Lantas, apa solusi yang tepat untuk menghilangkan bau badan pada pria? Berikut ulasannya.

Lakukan perawatan dan jaga kebersihan badan

Tidak perlu perawatan yang berlebihan, Fenomen cukup mandi dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkan bau badan. Gunakan sabun yang wanginya tahan lama agar tubuh Anda tetap segar sepanjang hari. Gunakan pula parfum sehabis mandi karena pori-pori kulit sedang terbuka dan wanginya pun akan lebih lama. Rawat pula badan Anda dengan menggunakan body lotion khusus pria yang bisa menambah harum tubuhmu.

bau badan pada pria

Mencukur bulu ketiak

Bau badan yang paling menyengat berasal dari ketiak. Sementara, Anda tidak bisa menghentikan keringat yang mengucur dari ketiak. Mencukur bulu ketiak secara teratur dapat mengurangi bau badan yang menyengat karena jika rambut ketiak dicukur, keringat tidak berkumpul dan bersarang di sana.

Bakteri tersembunyi

Bau menyengat yang berasal dari tubuh pria dikarenakan jenis bakteri tertentu yang tumbuh pada kulit berkeringat. Bakteri tersebut juga bersembunyi di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Untuk menghilangkannya, Anda perlu menggosok tubuh dengan lulur minimal dua kali dalam seminggu.

Menggunakan astringent

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bau badan tidak disebabkan oleh keringat tapi bakteri yang tumbuh pada keringat. Setelah mandi, keringkan tubuh Anda sampai kering dengan handuk. Kemudian gunakan zat astringent yang akan membunuh semua bakteri di kulit Anda.

Gunakan deodorant/ antiperspirant

Banyak produk deodoran yang hanya mampu menutupi bau badan saja, tetapi tidak benar-benar melawan bakteri. Produk deodoran yang paling efektif untuk mencegah bau adalah yang mengandung aluminium atau seng. Kedua elemen ini dikenal ampuh memerangi bakteri penyebab bau. Antiperspirant juga mampu menyumbat kelenjar keringat sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak. Sabun anti bakteri juga dapat membantu Anda untuk membunuh bakteri jahat.

Konsumsi makanan kaya zinc

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa kekurangan seng bisa menyebabkan peningkatan bau badan pada pria. Jika Anda merasa bahwa Anda mengalami bau badan yang tidak normal, konsumsilah makanan kaya akan zinc seperti daging merah.

Hindari kafein

Hadirnya kafein dalam kopi, teh dan cola dapat merangsang kelenjar endokrin untuk menghasilkan lebih banyak testosteron. Ada baiknya Fenomen menghindari minuman berkafein sebanyak mungkin. Selain itu, hindari juga makanan yang berbau menyengat seperti bawang putih, karena dapat menyebabkan bau badan berlebih. Meskipun Anda tidak bisa berhenti mengonsumsinya, cobalah untuk membatasinya. (fmz/pm)

Comments
Loading...