Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Mengeluarkan Air Yang Masuk Ke Telinga

0

Jika air yang masuk ke telinga dibiarkan, akan meningkatkan risiko infeksi dan sakit kepala

 

FENOMAGZ – Air masuk ke dalam telinga adalah kejadian yang sangat umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Saat berenang atau mandi di shower, air bisa masuk ke dalam telinga.

Namun, Fenomen tidak perlu takut dan panik secara berlebihan, karena ada beberapa teknik atau cara sederhana dan mudah untuk mengeluarkan cairan yang masuk ke dalam telinga anda.

Berikut adalah beberapa teknik untuk mengeluarkan air atau cairan yang masuk ke dalam telinga Anda.

Teknik Gravitasi

Cara terbaik untuk menghilangkan air dari dalam telinga Anda adalah dengan teknik gravitasi. Tekanan gravitasi yang Anda lakukan dapat mengeluarkan air atau cairan yang mengumpul di dalam telinga dengan cepat dan efektif.

Caranya:

Miringkan kepala Anda ke samping sesuai dengan telinga yang kemasukan air, misalnya telinga kanan Anda yang kemasukan air, maka Anda harus memiringkan kepala ke kanan dengan menghadap ke tanah.

Tempatkan telapak tangan Anda ke telinga yang bermasalah hingga menutupi saluran telinga. Tekan telapak tangan ke arah dalam telinga seperti memompa. Tahan selama beberapa detik, dan kemudian lepaskan telapak tangan Anda.

Selain itu, gerakan menguap atau mengunyah juga dapat membantu mengeluarkan air dari saluran telinga dengan menciptakan tekanan di telinga tengah dan peregangan pada saluran telinga.

Catatan: Jangan melakukan tekanan secara cepat dan berulang-ulang dalam satu waktu.

Teknik Manuver Valsalva

Melakukan manuver valsalva akan membantu tabung eustachius telinga Anda membuka dan mendorong air keluar dari telinga Anda.

Caranya:

Ambil napas dalam-dalam, kemudian tutup mulut Anda dan dua lubang hidung Anda dengan jari-jari tangan Anda. Tiup udara keluar dari hidung Anda untuk mengatur tekanan udara. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendengar suara popping sedikit yang berarti tabung Eustachius terbuka lagi.

Baca juga:   Benarkah Kulit Gatal Bertanda kamu Mengalami Stres

Catatan: Jangan meniup hidung terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

Dengan Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer juga dapat digunakan untuk mempercepat penguapan cairan yang terperangkap di dalam telinga. Karena hangat, udara kering akan mengubah air menjadi uap dan akhirnya membantu mengeluarkan air keluar dari telinga Anda.

Caranya:

Tarik daun telinga Anda menjauh dari tubuh Anda. Tahan hair dryer sekitar 10 sampai 12 inci dari telinga Anda. Atur panas hair dryer untuk menghangatkan.

Arahkan langsung ke dalam liang atau lubang telinga Anda yang kemasukan air. Pegang hair dryer di posisi selama sekitar 30 detik. Jika diperlukan, ulangi lagi.

Catatan: Jangan lakukan ini selama lebih dari beberapa menit dalam satu waktu.

Pijatan Dengan Alkohol Dan Cuka

Alkohol dan cuka adalah metode pengobatan kuno untuk menyingkirkan cairan di dalam telinga. Sifat anti bakteri cuka akan membantu membunuh kuman yang ada di dalam telinga, sedangkan alkohol dapat membantu mengeringkan air yang masuk ke dalam telinga.

Caranya:

Campur satu sendok teh masing-masing alkohol dan cuka. Dengan menggunakan pipet, teteskan 2 sampai 3 tetes larutan ini ke dalam telinga yang kemasukan air.

Pijat dengan arah memutar saluran telinga secara lembut dengan jari Anda (dalam keadaan bersih), dan lakukan sekitar 30 detik. Setelah itu, miringkan kepala Anda agar cairan dapat dengan mudah mengalir keluar.

Teknik Terapi Panas

Terapi panas dapat membantu membebaskan telinga Anda dari cairan yang masuk dengan cepat. Kompres panas akan membantu membuka tabung Eustachius (dimana cairan biasanya mengumpul), sehingga cairan dapat keluar dengan mudah.

Baca juga:   Tips Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

Caranya:

Celupkan kain lap atau handuk bersih ke dalam mangkuk yang berisi air panas, kemudian jangan lupa untuk diperas. Tempelkan handuk panas tadi ke bagian saluran telinga bagian luar selama 30 detik. Tunggu sebentar dan kemudian ulangi.

Lakukan ini empat atau lima kali secara berturut. Berbaringlah dengan posisi miring untuk membantu cairan mengalir keluar. Selamat mencoba Fenomen! (fmz/pm)

Comments
Loading...