Beranda Tips & Trik Tips Menghemat Keuangan Untuk Pasangan Muda

Tips Menghemat Keuangan Untuk Pasangan Muda

Pasangan Muda

Baru Menikah? Inilah Tips Agar Kamu Bisa Menghemat Keuangan

Fenomagz  – Keuangan adalah salah satu bagian penting dalam membangun rumah tangga. Keuangan yang stabil sangat diperlukan agar rumah tangga berjalan baik dan harmonis.

Terlebih lagi bagi pasangan baru menikah, tentu membutuhkan banyak uang untuk segala kebutuhan seperti keperluan rumah tangga, keperluan calon anak, dan keperluan lainnya yang tentu membutuhkan biaya yang besar.

Bagi pasangan muda yang baru menikah tentu saja akan membutuhkan adaptasi keuangan, apalagi jika hanya kepala keluarga saja yang bekerja. Tentu pasangan harus lebih menghemat pengeluaran uang.

Apalagi jika pasangan muda memiliki rencana untuk memiliki rumah, tentu harus banyak menabung. Jikapun ingin mengajukan kredit, tentu akan membutuhkan dana yang besar untuk DP kredit kepemilikan rumah.

Jika pasangan masih mengontrak tempat tinggal, bukan berarti tidak harus menabung karena memiliki tabungan akan sangat penting untuk kedepannya. Dan dengan kata lain, menghemat pengeluaran sangatlah penting bagi pasangan manapun.

Berikut ini Fenomagz berikan tips menghemat pengeluaran bagi pasangan muda agar impian di masa depan tercapai.

Menghemat Pengeluaran Untuk Makan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan cara menghemat biaya untuk makan. Pasangan bisa memasak makanan sendiri agar lebih hemat.

Memasak makanan sendiri tentu akan menghemat lebih dari 50% pengeluaran untuk makan, jika dibandingkan pasangan harus selalu membeli makanan di warung atau restoran.

Meskipun anda atau pasangan tidak bisa memasak lauk atau sayuran, cukup memasak nasi untuk menghemat pengeluaran, sehingga anda dan pasangan cukup membeli lauknya saja.

Gunakan Angkutan Umum Untuk Bekerja

Jika jarak dari rumah ke tempat kerja anda cukup jauh, hendaknya memilih menggunakan angkutan umum untuk menghemat biaya. Apalagi harga BBM di Indonesia saat ini masih terbilang tinggi tentu memilih angkutan umum untuk bekerja adalah salah satu cara menghemat pengeluaran yang efektif.

Baca juga : Inilah Rahasia Memikat Perhatian Wanita Pada Pandangan Pertama

Jika naik angkutan umum, anda tidak perlu lagi membeli bensin atau membayar tol hanya sekedar untuk pergi bekerja. Selain itu, anda juga tidak akan merasa capai karena harus menyetir sendiri kendaraan anda.

Menghemat Pengeluaran Tagihan Listrik

Tagihan listrik menjadi salah satu beban bulanan yang tentu saja akan merepotkan jika kita boros. Apalagi jika kita menggunakan perangkat elektronik dengan daya yang besar seperti AC, Mesin Cuci, Kulkas atau lainnya.

Coba untuk menghemat biaya listrik dengan membeli perangkat elektronik hemat energi. Sebagai contoh produk dari Philips di mana diklaim mampu mengepres pengeluaran tagihan listrik anda.

Gunakan perangkat elektronik daya besar seperti AC seperlunya saja, jika perlu gunakan AC tidak lebih dari 6 jam. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan kipas angin jika memang cuaca sedang panas.

Fokus Pada Kebutuhan, Bukan Keinginan

keuangan

Mengutamakan kebutuhan bukan keinginan adalah hal yang penting. Bagi pasangan muda, tentu banyak sekali kebutuhan yang harus dimiliki. Kurangi dulu keinginan seperti membeli smartphone terbaru, atau pergi jalan-jalan ke luar kota yang tentu butuh biaya yang besar.

Kebutuhan seperti membeli alat dapur tentu lebih penting dari pada keinginan untuk membeli smartphone seri terbaru.

Paksa Menabung

Menabung memang hal yang sulit dilakukan untuk sebagian orang. Tapi hal ini harus dipaksakan. Sisihkan setidaknya 30% dari pendapatan anda perbulan untuk menabung. Dengan menabung juga, tentu anda tidak perlu kahawatir jika ada keperluan mendesak di masa depan.

Kamu bisa membuka rekening tabungan berjangka yang setiap bulannya akan terdeposit secara otomatis hingga batas tabungan yang anda inginkan.

Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran adalah hal penting yang jangan dilewatkan. Dengan mencatatat setiap pengeluaran anda dan pasangan, anda akan tahu bagian pengeluaran mana saja yang harus dikoreksi di bulan depan. Ini juga akan menghindari dari kekeliruan hitungan pengeluaran anda.

Itu dia beberapa tips menghemat pengeluaran bagi pasangan muda. Semoga bermanfaat (hm)