Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Mengusir Kantuk Saat Puasa Tanpa Minum Kopi

0

Diperlukan strategi khusus agar Anda tidak ngantuk dan tetap produktif saat bulan puasa

Tips Mengusir Kantuk Saat Puasa Tanpa Minum Kopi

FENOMAGZ – Fenomen, bagaimana puasanya hingga hari ini? Apakah lancar? Apakah ngantuk? Ketika tidak sedang puasa, kopi sangat bisa diandalkan untuk mengusir rasa kantuk. Namun berbeda halnya jika Anda mengantuk saat di bulan puasa. Diperlukan strategi lain agar Anda tidak ngantuk dan tetap produktif di tempat kerja, tanpa harus minum kopi.

Biasanya pada pagi hari, rasa kantung menyerang karena melonjaknya kadar gula darah sehabis sahur. Sedangkan di siang hingga sore hari, rasa kantuk menyerang karena menipisnya kadar gula sebagai sumber energi.

Karena Anda tidak mungkin minum kopi atau ngemil snack, berikut Fenomagz akan memberikan tips untuk mengusir kantuk tanpa harus minum kopi.

  1. Jalan-jalan

Fenomen, rasa kantuk tidak selalu berhubungan dengan kadar gula darah dan level energi di dalam tubuh. Terkadang, rasa kantuk muncul di pikiran hanya karena Anda sedang merasa bosan.

Pada kondisi tersebut, melakukan aktivitas fisik ringan bisa jadi solusinya. Jika Anda memilih untuk berolahraga, perhitungkan juga intensitasnya agar Anda tidak lemas kehabisan tenaga.

  1. Mandi

Memang tidak ada penjelasan yang pasti mengapa mandi dengan air dingin bisa mengusir kantuk. Namun percaya atau tidak, cara ini cukup manjur dalam kondisi kantuk tak tertahankan. Kemungkinan karena setelah terpapar air dingin, badan akan menjadi lebih segar. Tak hanya mandi air dingin, beberapa orang juga merasakan efek yang sama saat mandi dengan air hangat.

Baca juga:   Olahraga pagi Sebelum Sarapan
  1. Mengerjakan hobi

Sama seperti olahraga, mengerjakan hobi maupun pekerjaan adalah salah satu upaya untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa bosan. Semakin menyenangkan pekerjaan yang dilakukan, Anda akan semakin fokus dan melupakan rasa kantuk yang sedang berkecamuk di pikiran.

  1. Tidur sejenak

Fenomen, tidak selamanya rasa kantuk harus dilawan. Bagaimanapun, tubuh memiliki kebutuhan tidur yang harus dipenuhi yakni sekitar 6-8 jam dalam sehari.

Waktu tidur yang terpangkas untuk ibadah dan menyiapkan makanan saat sahur, boleh-boleh saja Anda tebus dengan tidur siang. Asalkan Anda jangan terlalu lama, karena efeknya justru akan semakin mengantuk. (fmz/pm)

Comments
Loading...