Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Pancaroba

0

Perubahan cuaca yang tak menentu memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan

 

FENOMAGZ – Akhir-akhir ini kondisi cuaca sering berubah-ubah tak menentu. Kondisi perubahan cuaca dan suhu lingkungan yang terkesan tidak stabil ini tentu memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Pada kondisi cuaca yang demikian umumnya tubuhpun akan menjadi lebih sensitif dan rentan terserang dengan penyakit seperti flu, batuk, radang tenggorokan, demam, gangguan pernapasan, diare, dan masih banyak lainnya.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh saat musim pancaroba datang?

  1. Konsumsi makanan bergizi

Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu karbohidrat, lemak,protein,vitamin,dan mineral agar tubuh anda dapat menghasilkan imun yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu anda juga harus tetap istirahat minimal 8 jam sehari.

  1. Konsumsi multivitamin

Pada saat perubahan musim seperti saat ini, tubuh akan beradaptasi dan menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan serta membutuhkan proses. Proses adaptasi inilah yang rentan terhadap berbagai macam penyakit dan menyerang sistem imun menusia.

Untuk menghadapi itu semua diperlukan multivitamin supaya memperkuat sistem imun untuk menghadapi berbagai macam penyakit. Multivitamin yang wajib dikonsumsi adalah vitamin C yang dapat diperoleh dari berbagai macam buah, seperti jeruk atau berbagai macam produk multivitamin yang dapat diperoleh dari apotek terdekat.

  1. Banyak minum air putih dan olahraga

Pada saat musim penghujan, orang–orang sering kali mengabaikan mengkonsumsi air putih. Suhu yang dingin adalah salah satu faktor penyebabnya, sehingga jarang sekali rasa haus melanda. Namun, perlu diketahui jika kebutuhan cairan setiap harinya tetap sama, yakni 8–12 gelas setiap harinya baik pada saat musim kemarau maupun musim penghujan. Jadi, banyak mengkonsumsi air sangat baik bagi kesehatan di musim penghujan agar kebutuhan cairan dapat tercukupi dan juga terhindar dari dehidrasi.

Baca juga:   Bertemu Dengan Jodoh itu Tidak Mudah, Kini Cara yang Pas

Selain itu berolahragalah minimal 30 menit perhari atau minimal 2 kali dalam seminggu. Agar tubuh anda tetap bugar dan fit. Jika anda adalah orang yang sibuk, maka anda bisa memilih olahraga yang ringan seperti aerobic dan jogging.

  1. Selalu jaga kebersihan

Pada saat musim penghujan bakteri dan kuman akan leluasa untuk berkembang biak. Hal ini disebabkan oleh suhu lembab yang menjadi sarang bakteri dan kuman berkembang biak. Jadi, tubuh akan menjadi rentan terhadap berbagai macam gangguan, apabila tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Tangan merupakan salah satu media masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh. Tanpa sadar bakteri dan kuman tersebut telah masuk ke tubuh kita setiap harinya. Jadi, pastikan kebersihan badan dan lingkungan agar tetap higienis dengan mandi secara rutin, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Cucilah tangan anda setiap sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa juga untuk mencuci makanan yang akan dikonsumsi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran agar terjaga kebersihan kehigienisan-nya.

  1. Menggunakan pakaian tebal dan hangat

Pakaian juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan di musim penghujan. Sebaiknya kenakan pakaian yang tebal dan hangat supaya dapat menjaga tubuh tetap hangat, apalagi aktivitas di luar ruangan atau out door. (fmz/pm)

Comments
Loading...