Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Selain minum obat, sebenarnya ada lho cara lain yang lebih sehat untuk meredakan sakit kepala

 

FENOMAGZ – Fenomen sering mengalami sakit kepala? Jika ya, apakah Fenomen meminum obat untuk meredakannya? Sakit kepala bisa sangat mengganggu produktivitas harian penderitanya. Penyebab sakit kepala bisa beragam, mulai dari stres, terlalu lama menatap layar komputer, hingga faktor kelelahan atau tekanan darah yang meningkat.

Umumnya saat sakit kepala menyerang, banyak orang mencari obat-obatan dengan tipe analgesik seperti parasetamol. Padahal ada lho cara lain yang terbilang sehat yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala tanpa obat. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut pemaparannya.

  1. Jalan kaki

Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau terlalu lama menatap layar komputer bisa diredakan dengan jalan kaki. Angkatlah pantat Anda dari kursi dan mulailah untuk berjalan mengelilingi komplek gedung perkantoran.

Jika di dekat Anda ada taman, maka efek yang ditimbulkan akan lebih baik. Tingkatkan kecepatan jalan Anda secara perlahan hingga jalan kaki berubah menjadi jogging. Hal ini dipercaya akan menghilangkan rasa nyeri di kepala Anda.

  1. Mandi air hangat

Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Cara lain yang dipercaya bisa meredakan sakit kepala tanpa obat, yakni mandi air hangat. Mandi air hangat dipercaya bisa memberikan sensasi rileks di tengkut dan ujung kepala, sumber rasa nyeri yang Anda rasakan.

Jika memungkinkan, tambahkan pula sabun atau pewangi aromaterapi saat mandi. Badan yang segar ditambah harum aromaterapi dapat membuat tubuh rileks dan nyeri akibat sakit kepala berkurang.

  1. Tidur

Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Kedengarannya mungkin sepele, akan tetapi tidur dipercaya benar-benar dapat mengurangi rasa nyeri ketika sakit kepala menyerang karena tidur mengharuskan Anda untuk rileks dan mengistirahatkan otot-otot yang tegang.

Otot yang tegang di sekitar bahu, leher dan punggung dapat menyebabkan sakit kepala. Dengan tidur, oto-otot tersebut akan kembali rileks dan rasa nyeri akibat sakit kepala akan hilang.

  1. Makan

Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena Anda lapar atau kurang lapar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengonsumsi makanan sehat.

Setelah makan, tunggulah sampai setengah hingga sakit kepala mereda. Jangan lupa untuk mengunyah makanan secara perlahan agar lambung tidak kaget, yang nantinya dapat menyebabkan sakit perut.

  1. Kompres es

Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Mengompres bagian kening dengan air es dapat meredakan rasa nyeri yang muncul di kepala akibat demam. Rasa dingin yang dirasakan mampu membuat otot mengendur dan menurunkan suhu tubuh.

Selain di kening, Anda juga bisa mengompres bagian belakang leher. (fmz/pm)

Comments
Loading...