Fenomagz
Unleash the Wild Side

Trik Ampuh Supaya Tidak Lagi Kelupaan Bawa Barang Penting

berikut ini trik ampuh agar tidak lagi kelupaan bawa barang penting

0

FENOMAGZ – Meskipun Anda sudah berusaha untuk mengingatnya, pasti tetap saja ada barang-barang yang sering lupa untuk dibawa. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Memory and Cognition, ada sebuah trik khusus yang bisa membantu seseorang yang sering lupa. Trik ini disebut dengan unitisasi atau para peneliti menyebutkan dengan strategi memori alami.

Baca juga: Berhubungan Seks Ternyata Dapat Meningkatkan Kepuasan Karier

Unitasi adalah mengaitkan hubungan antara dua benda yang berbeda untuk menciptakan suatu skenario baru, yang bisa Anda bayangkan konsekuensi sebab-akibatnya.

Sederhanya begini: Anda sering lupa bawa payung (benda pertama), padahal cuaca sedang tidak menentu. Sekarang, coba langsung gantungkan payung itu di gagang pintu depan rumah Anda (benda kedua). Jadi kali selanjutnya Anda akan pergi ke luar rumah, Anda langsung bisa melihat payung itu dan membawanya pergi bersama Anda.

Unitisasi sendiri menurut para peneliti bekerja dengan tiga tahap: gabungan, gerak, dan pemahaman mengenai urutan tindakan atau konsekuensi. Metode unitasi ini secara tidak sadar akan membangun sebuah hubungan dalam otak Anda antara payung dan pintu (gabungan).

Begitu akan pergi, otak akan menghubungkan payung dan pintu dengan kegiatan luar rumah, dan kegiatan luar rumah akan mengingatkan Anda untuk mengunci pintu (pemahaman atas konsekuensi). Dengan begitu, hal ini akan membuat Anda ingat dua hal sekaligus yaitu membawa payung sebelum keluar rumah dan mengunci pintu (urutan dan gerak).

Baca juga:   Tips Cara ini Agar Tidurmu Menjadi Lebih Nyenyak

Trik ini bisa Anda aplikasikan ke benda apapun yang Anda anggap penting untuk dibawa dan jangan sampai tertinggal. Misalnya taruh handphone di dekat tas kantor agar saat berangkat pagi, Anda otomatis langsung mengambil handphone dan tas kantor Anda, tanpa harus pikir panjang. (fmz/bb)

Comments
Loading...