Trik Meredakan Stres Yang Sering Dipakai Para Ahli (2)

Stres bisa dialami oleh siapapun, penyebabnya pun juga beragam, mulai dari masalah pekerjaan hingga masalah keluarga

Trik Meredakan Stres Yang Sering Dipakai Para Ahli (2)

FENOMAGZ – Fenomen tentunya pernah merasakan stres, bukan? Stres bisa dialami oleh siapapun, penyebabnya pun juga beragam, mulai dari masalah pekerjaan hingga masalah keluarga.

Masing-masing orang juga memiliki triknya tersendiri yang dinilai ampuh untuk meredakan stres yang mereka alami.

Bagi Fenomen yang sedang merasa stres, tak ada salahnya untuk mencoba trik menghilangkan stres yang kerap dilakukan oleh para ahli berikut. Yuk simak!

  1. Sering tarik napas dalam

Penelitian menunjukkan bahwa menarik napas dalam disertai dengan kesadaran diri ampuh untuk mengusir stres. Karena itu, seorang psikolog klinis sering mengandalkan menarik napas dalam-dalam untuk meredakan stresnya.

Dengan menarik napas dalam dan sering, detak jantung dan ketegangan otot Anda akan menurun. Secara fisik, Anda akan lebih bisa memegang kendali diri. Takk hanya itu, tarik napas dalam juga bisa mengalirkan banyak oksigen ke sel darah merah yang membantu tubuh lebih fokus serta berenergi.

  1. Temukan inspirasi dalam lagu

Seorang psikolog mengatakan bahwa ketika ia kewalahan dengan pekerjaannya dan  merasa seperti seorang diri, ia akan memutar lagu yang disesuaikan dengan kondisinya saat itu.

Menyanyikan lagu atau bahkan puisi yang isinya sama seperti refleksi kondisinya Anda saat itu dipercaya akan membuat suasana hati Anda lebih baik.

  1. Rencanakan liburan

Untuk meredakan stres, Anda disarankan untuk keluar dari rutinitas harian agar Anda fokus lebih pada diri sendiri selama beberapa waktu. Maka dari itu, rencanakan liburan atau yang paling mudah, lakukan sesuatu di luar rutinitas Anda.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa baru merencanakan liburan saja bisa memberi efek kebahagiaan untuk seseorang. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memvisualisasikan apa yang hendak Anda lakukan saat berlibur.

Karena itu, ambilah cuti sejenak untuk melakukan hal yang menyenangkan agar Anda terhindar dari stres.

  1. Karaoke

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perasaan stres adalah dengan karaoke. Tak perlu repot-repot pergi ke tempat karaoke, Anda bisa menyempatkan diri untuk pergi ke mobil dan menyetel lagu kesukaan Anda.

Hanya mengikuti nyanyian di radio atau daftar lagu dipercaya bisa membuat perasaan Anda lebih baik. Penelitian pun juga menunjukkan bahwa menyanyi ampuh mengurangi stres dan cemas yang Anda alami. (fmz/pm)

Comments
Loading...