Tips Waktu yang Paling Tepat Untuk Anda Menikmati Kopi

Horomon kortisol biasanya meningkat secara alami setelah bangun tidur dan levelnya akan tetap tinggi hingga beberapa jam kemudian

 

FENOMAGZ – Secangkir teh atau kopi hangat memang paling nikmat diminum saat pagi hari. Tapi ternyata bukan minuman yang paling dikonsumsi begitu anda bangun dari tidur. Minum kopi, the atau minum berkafein lain sebaiknya tidak di pagi hari, tapi menjelang siang.

Para penelitian mendapatkan bahwa waktu paling baik untuk menikmati kopi atau the setiap hari adalah antara pukul 9:30 dan 11:30 siang. Sebab saat masuk dalam tubuh, kafein akan bereaksi dengan hormone kortisol yang membantu mengajur jam kerja tubuh dan meningkatkan kewaspadaan.

Saat pagi hari, horomon kortisol biasanya meningkat secara alami setelah bangun tidur dan levelnya akan tetap tinggi hingga beberapa jam kemudian. Hormone kortisol paling tinggi antara pukul8 atau 9 pagi, oleh sebab itu tidak perlu lagi mengusap minuman berkafein di waktu tersebut, sebab minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya bisa membuat tubuh kecanduan.

Minuman erkafein akan lebih baik jika dikonsumsi setelah 9 pagi membantu menjaga produksi hormone kortisol tetap stabil. Tidak naik, juga tidak menurun, salah satu prinsip kunci di dunia farmasi adalah menggunakan atau suplemen ketika dibutuhkan saja. Jika tidak, tubuh akan menjadi bertoleransi terhadap obat itu dalam jumlah yang sama, dengan kata lain, satu cangkir kopi yang sama di pagi hari akan terasa tidak terlalu efektif dan membatu anda beralih ke espresson yang lebih kuat.

Selain antara pukul 8 dan 9 hormon kortisol juga akan meningkat lagi saat siang setelah pukul 13:00 dan 17:00 hingga 18:30 itulah sebabnya ketimbang pagi hari, minum kopi menjelang siang atau sore hari akan lebih baik sebab kopi bisa membantu mengimbangi jeda ketika level kortisol dalam tubuh menurun. Di pagi hari minum kopi anda mungkin akan berguna paling efektif jika dinikmati antara pukul 9:30 dan 11:30 ketika tikat kortisol menurun drastic belum meningkat lagi di siang harinya. (fmz/pz)

Comments
Loading...