Fenomagz
Unleash the Wild Side

Waspada! Fenomen, Merokok itu Berarti Sama Saja Dengan Berinvestasi Pada Kematian

0

Walau berukuran kecil dan bahkan tidak sepanjang jari telunjuk, namun rokok memiliki efek negatif yang sangat berbahaya.

Saking berbahayanya, dalam sekejap bisa membuat orang yang menghisapnya kecanduan. Dampak negatif ini bukan hanya bagi si perokok namun juga bagi para perokok pasif yang yang justru lebih rentan terkena bahaya rokok itu sendiri.

Selain menguras isi dompetmu, rokok juga dapat merenggut kesehatanmu.

Ancaman rusaknya pita suara hingga kerusakan organ-organ dalam tubuhmu seperti paru-paru pun bisa kamu alami jika terlalu sering merokok.

Berikut 3 dampak berbahaya jika kamu tidak juga berhenti merokok.

1. Saling berbagi penyakit
Lihat saja disekitar kamu yang merokok, jika si perokok A tidak menemukan korek api atau korek gas, maka dia akan meminta orang terdekat yang sedang asik merokok untuk menempelkan ujung batang rokok satu sama lain agar bisa membakar tembakau dan menghisap-hisapnya sampai ujung rokok itu terbakar.

Sering kali perokok tidak sadar jika dia sudah meracuni dirinya bukan hanya dari rokok yang ia hisap, tapi juga mendapatkan bonus penyakit dari mulut teman yang diminta bantuannya tadi.

Kita tidak pernah tahu apakah teman yang diminta tolong itu sedang sakit flu, atau bahkan mungkin HIV-AIDS yang secara langsung membuat dirimu tertular.

2. Seperti menaruh hidung ke lubang knalpot kendaraan
Contoh yang paling saya sering alami adalah ketika seorang supir angkot sedang asik menghisap rokoknya di depan saya lalu dengan tanpa merasa berdosa menghembuskannya dengan mantap keluar dari mulutnya. Asap yang tadi dihembuskan akan bertebaran di udara bagaikan kabut beracun di pagi.

Baca juga:   Tips Menyembuhkan Sakit Kepala Dengan Bahan Alami Ini

Baik kamu maupun orang lain sebagai perokok pasif tentunya hal ini sangat berbahaya. Akhirnya kamu pun juga bisa tertular penyakit dari si sopir angkot tadi akibat asap rokok yang dia sebar dari mulutnya.

3. Tangan dipenuhi racun
Tidak jarang saya melihat para perokok tidak cuci tangan sama sekali sehabis menghisap rokok. Padahal kita tahu, bahaya nikotin yang ada pada rokok itu ada di bagian filternya yang bersentuhan langsung dengan tangan si perokok.

Coba bayangkan, jika teman kamu adalah seorang perokok, lalu sehabis merokok, dia membuang batang rokonya di tong sampah yang kita tahu juga itu banyak sumber penyakit disana, lalu berjabat tangan denganmu. Ujung-ujungnya kamu akan tertular jutaan kuman dan bonus racun nikotin yang menempel di tangan temanmu.

Setelah mengetahui ketiga dampak di atas, tingkatkanlah kewaspadaan disekitarmu. Jika kamu mendapati seorang perokok di dekatmu.

Dari sebuah batang rokok kecil bisa membuat dampak penyakit menular yang sangat cepat penyebarannya. Seperti sebuah rantai makanan yang tiada habisnya dan bisa menghantuimu selamanya.

Comments
Loading...