Fenomagz
Unleash the Wild Side

9 Alasan Perlunya Traveling Sendirian

0

Traveling sendirian memiliki banyak manfaat bagi perkembangan diri loh Fenomen

 

FENOMAGZ – Traveling merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan apalagi jika bersama dengan teman, sahabat, keluarga, maupun pasangan.

Namun, tak jarang orang yang senang melakukan traveling sendirian. Traveling sendirian mungkin merupakan ide yang aneh untuk sebagian besar orang. Padahal, traveling sendirian memiliki banyak manfaat bagi perkembangan diri seseorang dan tentunya menyenangkan.

Berikut adalah manfaat yang didapat ketika Fenomen traveling sendirian.

1. Semakin mengenali diri sendiri

Banyak orang menjadikan solo traveling sebagai cara untuk menemukan dirinya sendiri. Hal ini biasa ditemui pada anak muda usia 20-an sebelum mereka memasuki dunia kerja, ataupun mereka yang sedang mengalami fase “quarter life crisis”.

Ketika traveling sendirian, seseorang “dipaksa” untuk menjadi mandiri dan keluar dari zona nyamannya. Ia harus keluar dari lingkungan yang familiar, berjauhan dari orang-orang terdekat, dan masuk ke tempat baru serta asing. Segala yang terjadi dalam perjalanan ini menjadi pengalaman penting dalam membentuk seseorang. Ia bisa belajar banyak hal, sekaligus menjadi lebih kenal akan dirinya sendiri, termasuk mengetahui batasan diri serta potensi diri yang selama ini belum terlihat.

2. Menjadi lebih berani mencoba sesuatu yang baru

Jika sebelumnya Anda takut mencoba berbagai hal seru tapi mengerikan, seperti bungee jumping atau makan makanan yang tidak wajar, maka ini adalah saatnya Anda melakukannya.

Biasanya, para backpackers yang Anda temui selama perjalanan memiliki nyali yang begitu besar dan bersedia mencoba berbagai hal baru. Secara tidak langsung, Anda akan “terdorong” untuk mengikuti mereka dan salah satu prinsip hidup mereka yaitu hidup hanya satu kali dan tidak boleh disia-siakan.

Baca juga:   Ingin Memiliki Sperma Sehat Lakukan Saja Cara ini

3. Menjadi lebih mandiri

Ketika travelling sendiri, Anda yang harus mengambil keputusan untuk diri Anda sendiri. Apakah Anda ingin pergi ke tempat yang jarang dikunjungi, mendaki gunung tertinggi, lompat dari air terjun, atau berbagai hal gila lainnya, semua itu adalah keputusan Anda sendiri.

Anda akan belajar untuk mengambil keputusan, menanggung risiko atas keputusan yang Anda ambil, beradaptasi dengan berbagai perubahan dan situasi yang kurang menyenangkan, dan lain-lain. Anda akan menjadi pribadi yang mandiri dan bisa menimbang berbagai aspek sebelum melakukan sesuatu. Hal ini akan sangat berguna di kehidupan Anda setelah Anda pulang dari perjalanan Anda nantinya.

4. Bertemu teman baru

Bertemu teman baru memang bisa didapatkan ketika Anda berjalan bersama teman atau pasangan. Namun, saat Anda berjalan bersama orang-orang yang sudah Anda kenal, Anda cenderung untuk selalu melakukan aktivitas bersama-sama. Sementara saat Anda berjalan sendiri, Anda akan “dipaksa” untuk lebih outgoing dan orang-orang pun akan lebih mudah mengajak Anda berbicara.

Awal pembicaraan mungkin hanya sebatas pertanyaan “Dari mana?” atau “Mau ke mana?”, namun perbincangan bisa berlanjut ke topik lain. Tidak tertutup kemungkinan teman-teman baru yang Anda temui di sana akan menjadi teman seperjalanan Anda.

5. Jatuh cinta dan bertemu pasangan

Tidak sedikit orang yang traveling dengan harapan bisa bertemu jodoh. Hal ini memang sangat mungkin terjadi. Dalam perjalanan, Anda akan menemui banyak orang yang bisa memiliki hobi, mimpi, tujuan, dan visi yang sama dengan Anda.

Baca juga:   Ini Pantangan Yang Harus Fenomen Hindari Saat Terserang Batuk

Bisa jadi anda dipertemukan oleh jodoh anda ketika sedang traveling sendirian.

6. Memberikan kesempatan untuk memanjakan diri sendiri

Jika Anda merasa stres karena pekerjaan, traveling sendirian bisa jadi kesempatan yang baik untuk meredakan tingkat stress Anda. Manjakan diri dan lupakan keriuhan otak Anda sejenak selama liburan. Makanlah makanan lokal, jalan santai di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam, pergilah spa atau pijat, tenangkan pikiran dengan yoga, dan berbagai hal lain yang bisa membuat Anda lebih rileks.

7. Lebih mudah mengatur jadwal, lebih bebas, dan lebih fleksibel

Semakin banyak orang, semakin susah mengatur rencana perjalanan. Alasannya simpel, setiap orang memiliki minatnya masing-masing.

Jika Anda tidak ingin repot dengan persoalan mengatur jadwal, maka pergilah traveling sendiri. Anda bisa pergi ke mana pun yang Anda suka, berlama-lama di tempat favorit Anda, serta merasakan pengalaman yang tidak pernah Anda temukan sebelumnya.

8. Lebih bisa mengatur uang

Budget seringkali menjadi masalah utama ketika berpergian, terutama ketika berpergian dengan teman-teman dengan tingkat finansial yang berbeda. Bahkan, jika teman Anda memiliki tingkat finansial yang sama dengan Anda pun, cara seseorang menggunakan uangnya bisa berbeda-beda.

Misalnya, teman Anda ingin berhemat di makanan dan menghabiskan lebih banyak uang untuk memilih penginapan yang nyaman. Sementara Anda lebih memilih untuk menghemat biaya hotel dan mengeluarkan uang lebih banyak untuk merasakan pengalaman warga lokal, seperti makan dan belanja.

Dengan berpergian sendiri, Anda lebih bisa mengontrol budget Anda tanpa perlu mengikuti gaya liburan orang lain.

9. Membuat Anda sadar bahwa melakukan sesuatu sendiri adalah hal yang wajar

Bagi sebagian besar orang Indonesia, melakukan berbagai hal sendirian, seperti makan di restoran sendirian, nonton di bioskop sendirian, atau jalan-jalan sendirian merupakan hal yang tidak umum. Awalnya mungkin hal ini akan terasa aneh, tapi seiring dengan berjalannya waktu dan semakin seringnya Anda melakukan segala sesuatu seorang diri, Anda akan merasa bahwa melakukan aktivitas seorang diri bukanlah sebuah masalah besar. Malah, hal ini akan memberikan Anda waktu untuk diri Anda sendiri, tanpa perlu berbicara pada orang lain. (fmz/pm)

Baca juga:   Wisata alam Bukit Seroja Wonosobo, Bikin melongo!
Comments
Loading...