Foursquare: Teman Baru Para Penjelajah

berikut ini penjelasan dari Foursquare

FENOMAGZ – Foursquare adalah salah satu jejaring sosial yang digunakan pemakainya untuk “check in” pada suatu tempat yang benar-benar ada di dunia nyata secara online untuk mendapatkan poin. Semakin sering Anda mendatangi tempat tersebut dan mendaftarkannya melalui foursquare, maka poin Anda akan semakin banyak. Kedatangan yang sering akan dihargai dengan “badge“, sementara jika Anda seringkali mengunjungi suatu tempat, maka Anda akan menjadi “Mayor” Foursquare di tempat itu.

Baca juga: Ternyata Biji Semangka Sehat Untuk Dikonsumsi!

Sekilas permainan ini memang agak norak, karena Anda harus selalu melaporkan ke mana Anda bepergian secara online, bahkan ke tempat-tempat yang kecil dan seringkali tidak diperhitungkan. Namun faktanya, pengguna foursquare bisa melakukan check in pada 40 juta tempat yang berbeda di seluruh dunia. Dan hingga Maret lalu, pengguna foursquare sudah mencapai satu juta orang.

Pengguna foursquare mungkin menggunakan permainan sekaligus jejaring sosial ini untuk mendapatkan poin lebih banyak dari teman-temannya. Namun, seiring waktu, foursquare tidak hanya masalah mendapatkan gelar atau poin. Bagi orang-orang lokal maupun yang berada jauh dari kawasan Anda, foursquare bisa menjadi tempat berbagi tips dan berbagi rekomendasi mengenai tempat-tempat yang layak atau tidak layak untuk dikunjungi.

Misalkan ketika teman Anda baru saja check in pada suatu tempat, kemudian meninggalkan kesan, seperti: “Ini tempat paling nyaman, ayam gorengnya mantap.” Maka ini akan membuat Anda atau teman-temannya yang lain tergoda untuk mengunjungi tempat tersebut. Ditambah lagi jika teman Anda menemukan tempat baru yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Foursquare yang dilengkapi peta juga bisa membawa Anda ke sana untuk mencoba.

Untuk bisnis, foursquare bisa menjadi sarana yang bagus untuk beriklan. Anda bisa memanfaatkan beberapa pelanggan setia untuk sering-sering datang ke tempat Anda dan melakukan check in online melalui foursquare. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan iklan secara cuma-cuma. Karena status check in tersebut akan dilihat oleh teman-teman. foursquare pelanggan Anda. Sebentar lagi bisa saja akan ada puluhan orang yang datang ke tempat Anda.

Pada intinya, foursquare yang notabene adalah permainan jejaring sosial dapat menjadi sarana baru untuk mencari tempat-tempat baru dan menarik yang belum pernah dikunjungi oleh banyak orang. Selain menjadi teman para penjelajah, foursquare juga bisa menjadi partner bisnis yang bagus.

Jadi, jika Anda adalah traveler sejati, Anda bisa menjelajah berbagai tempat dengan mendapatkan infonya melalui foursquare. Ikut bermain, dan jadilah Mayor di semua tempat! (fmz/bb)

 

Comments
Loading...