Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini dia Manfaatnya Mendaki Gunung Untuk Kesehatan

Kegiatan luar ruangan yang menjelajahi alami demi mencapai puncaknya tersebut jadi hal yang mampu menyehatkan

0

 

FENOMAGZ – Mendaki gunung kini seakan jadi kegiatan yang tengah di gandrungi oleh semua kaum, baik pria maupun wanita. Kegiatan luar ruangan yang menjelajahi alami demi mencapai puncaknya tersebut jadi hal yang mampu menyehatkan dan membuat pendaki hidup lebih bahagia.

Berikut sederet manfaat mendaki gunung bagi kesehatan dan jiwa pendaki.

Kreatif

Menghabiskan waktu di luar rumah dapat meningkatkan rentang perhatian dan keterampilan dalam memecahkan masalah sebanyak 50 persen.  Penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasilnya mungkin ada kaitannya dengan tidak menggunakan teknologi karena mereka menghabiskan waktu di luar.

Ditambah lagi, pohon, sinar matahari dan udara segar juga berkontribusi terhadap peningkatan kreativitas tersebut. Penelitian menemukan bahwa berjalan dapat membuat seseorang lebih kreatif daripada hanya duduk.

Merasakan sehat yang sesungguhnya

Mendaki dapat membakar lebih dari 500 kalori, tergantung pada tingkat kemiringan dan berat beban yang dibawa. Mendaki adalah cara yang tepat untuk berolahraga dengan serius tanpa memberi tekanan pada sendi anda.

Jika anda mendaki bukit, hasil penurunan berat badan pun lebih baik. Anda tidak hanya membakar beberapa kalori, tapi ketinggian itu sendiri juga telah menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, mendaki juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolestrol. Dapat menurunkan tekanan darah sebesar empat sampai 10 poin. Dan mengurangi bahaya penyakit jantung, diabetes dan stroke bagi mereka yang berisiko tinggi.

Hidup lebih bahagia

Penelitian menunjukkan hiking sebagai terapi tambahan dapat membantu orang yang mengalami depresi berat merasa kurang putus asa, tertekan dan ingin bunuh diri. Bahkan, mungkin bisa mengilhami orang-orang yang menderita karenanya untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif dan bahagia. (fmz/pz)

Baca juga:   Bahayanya Mengucek Mata yang Harus Anda Ketahui
Comments
Loading...