Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Liburan Kali Ini Tanpa Travel Agent

0

Memang liburan akan lebih mudah jika ikut tour dari travel agent

 

FENOMAGZ – Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, cobalah untuk berlibur sendiri tanpa travel agent. Kalau Anda sebelumnya liburan selalu mengandalkan travel agent dengan ikut tour, tahun ini cobalah untuk berlibur mandiri. Memang liburan akan lebih mudah jika ikut tour dari travel agent, karena mereka akan membantu kita menyiapkan berbagai hal sehingga kita tinggal ikut berangkat saja.

Namun seni traveling itu justru ada di dalam fase merencanakan liburan. Jangan takut merencanakan liburan tanpa jasa travel agent, walaupun Anda harus ekstra mempersiapkan banyak hal. Tentunya semua akan terbayar jika Anda mendapatkan liburan yang lebih murah dan menyenangkan.

Pilih Partner Traveling
Sebelum Anda merencanakan banyak hal, memilih teman traveling adalah hal yang sangat penting. Jika Anda sudah berkeluarga pasti Anda akan membawa keluarga untuk berlibur, namun jika Anda akan berlibur bersama teman, memilih partner traveling yang tepat sangatlah penting. Pilihlah partner traveling yang memiliki visi yang sama dengan Anda. Jangan sampai Anda meributkan hal-hal sepele ketika Anda sudah sampai di tempat tujuan karena memiliki keinginan yang berbeda. Diskusikan juga bersama partner tentang do dan don’t’s Anda saat traveling.

Where To Go and When
Setelah menentukan partner traveling, Anda bisa mencari tahu akan pergi kemana, kapan dan mana yang sesuai dengan bujet Anda. Jika Anda memutuskan untuk liburan ke luar negeri, coba pantau juga musim-musim yang ada di Negara tersebut, kemudian tentukan apakah Anda ingin pergi kesana pada saat musim apa.

Pentingnya memilih waktu liburan membuat Anda mudah dalam merencanakan pembelian tiket pesawat dan penginapan. Hal ini juga dapat mendukung perencanaan itinerary Anda; sebagai contohnya jika Anda ingin pergi ke Jepang, memilih musim semi sangatlah tepat karena Jepang terkenal dengan bunga sakuranya. Setelah itu tentukan juga berapa lama Anda akan pergi liburan, baru kemudian mulai lah membeli tiket pesawat pulang-pergi hingga memesan penginapan.

Baca juga:   Pekerjaan ini Bisa Bikin Anda Keliliing Dunia Lho Fenomen

Pesan Tiket dan Penginapan Sejak Jauh Hari
Jika sudah menentukan berapa lama Anda akan pergi dan kemana destinasi yang dituju, memburu tiket murah adalah langkah selanjutnya. Lebih baik membeli tiket pesawat dan penginapan dari jauh-jauh hari karena harga tiket bisa berubah setiap harinya.

Besar kemungkinan bahwa tiket pesawat dan hotel akan jauh lebih mahal ketika Anda membeli satu bulan sebelum berlibur. Sekedar tips, cobalah untuk mencari tiket pesawat pada saat ada travel fair, karena berbagai maskapai menerapkan diskon yang lumayan besar. Pastikan juga tanggal booking-nya benar sesuai dengan jadwal liburan kita. Jangan sampai salah pesan tanggal, karena akan repot dan fatal akibatnya.

Passport dan Visa
Untuk Anda yang akan liburan ke luar negeri, pastikan terlebih dahulu apakah paspor Anda masih berlaku. Biasanya paspor berlaku selama 4 tahun 6 bulan, jika paspor Anda sudah habis masa berlakunya sebaiknya perpanjang dahulu sebelum bepergian ataupun mengajukan visa. Berwisata ke Negara yang mensyaratkan pengajuan visa memang membutuhkan persiapan yang lebih, karena Anda tidak memakai travel agent pastikan setiap syarat pengajuan visa Anda sudah lengkap. Karena jika visa Anda ditolak hanya karena kurangnya persyaratan yang diajukan, tentu perencanaan liburan Anda akan berubah kembali.

Menyusun Itinerary
Liburan tanpa travel agent berarti Anda punya kewenangan penuh memilih rute destinasi wisata atau itinerary perjalanan Anda. Itinerary yang ditawarkan travel agent bisa menjadi gambaran awal untuk Anda yang ingin belajar membuat itinerary. Namun cobalah untuk menentukan destinasi sesuai dengan minat. Lama liburan juga harus Anda pertimbangkan dalam menentukan jumlah tempat yang akan didatangi.

Baca juga:   Gaya Posisi Bercinta ini yang Banyak Disukai Wanita

Gabungkan destinasi yang berdekatan untuk dijelajahi dalam satu hari untuk waktu yang lebih efisien. Kombinasikan destinasi populer dengan destinasi yang Anda minati secara khusus. Jangan sampai waktu Anda nanti disana habis karena Anda tidak membuat itinerary secara detail dan terperinci.

Belajar Membaca Peta
Berlibur tanpa tour agent berarti Anda memutuskan untuk menjelajahi suatu tempat tanpa pemandu wisata. Untuk itu kemampuan membaca peta saat liburan tanpa travel agent merupakan hal yang penting agar Anda tidak mudah tersesat. Mulailah dengan hal yang paling dasar, Anda harus mulai bisa membedakan mana arah utara, barat atau selatan. Dengan kemampuan membaca yang baik, otomatis Anda tidak perlu khawatir akan tersesat.

Informasi Soal Transportasi
Cari tahu moda transportasi apa yang dapat memudahkan Anda dalam berlibur. Anda bisa menggunakan sewa mobil jika memilih liburan ke daerah-daerah sekitaran Indonesia, atau bisa juga menggunakan moda transportasi kereta bawah tanah, bus atau taksi jika Anda berlibur ke luar negeri. Pastikan Anda telah mempelajari jalur-jalur kereta bawah tanah ataupun bus sebelum Anda berangkat.

Tidak perlu repot mencari peta gratisan di informasi wisata, peta digital di smartphone yang dapat Anda download juga bisa sangat membantu. Selain itu Anda juga harus tahu berapa ongkos yang perlu dikeluarkan untuk sekali naik bus atau kereta, di stasiun mana kita akan turun dan berapa estimasi waktu kita sampai ke tempat tujuan. Kalau info-info tersebut sudah Anda pelajari, kecil kemungkinan Anda akan tersasar dan siap untuk liburan mandiri tanpa travel agent.

Baca Info Diskon Wisata
Liburan tanpa travel agent terkadang ada manfaatnya juga. Apabila Anda pemburu diskon, jangan lewatkan info-info tentang diskon yang ada di tempat wisata. Tanpa pemandu wisata otomatis Anda akan bebas dan tidak terikat sehingga dapat mengatur waktu belanja dan wisata Anda sendiri. Diskon juga bukan hanya berlaku untuk belanja baju atau barang-barang saja namun bisa juga untuk mencari diskon hotel atau penginapan, tiket tempat wisata, voucher restoran ataupun museum-museum yang wajib dikunjungi.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Libido Pria di Pagi Hari

Rajin Blogwalking
Untung Anda yang sedikit malas untuk mencari informasi tentang traveling, mulai dari sekarang Anda diharuskan untuk rajin blogwalking. Membaca pengalaman traveler lain yang sudah pernah berkunjung ke destinasi yang Akan Anda kunjungi akan banyak membantu. Selain itu blog dengan informasi yang sama juga bisa membantu dalam membuat itinerary bahkan budgeting. Banyak juga blogger yang berbagi pengalaman tentang pembuatan visa hingga berbagai cara jitu menaklukan gagap bahasa jika Anda pergi ke non-english country.(FMZ/PZ)

Comments
Loading...